20 Model Dapur Sederhana yang Cocok untuk Berbagai Tipe Rumah

RPWN – Dapur adalah ruangan yang wajib dimiliki, karena merupakan jantungnya sebuah rumah. Entah Anda seseorang yang suka memasak atau tidak, dapur tetap akan dibutuhkan setiap saat.

Dapur juga bisa menggambarkan kehidupan rumah tangga suami-istri. Semakin sering dapur mengepul, bisa diartikan kondisi keuangannya semakin membaik.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan kesibukan meningkat, banyak orang memilih model dapur sederhana daripada yang mahal dan memakan banyak tempat.

Artikel ini akan membantu Anda menentukan seperti apa model dapur yang sesuai dengan rumah Anda: sederhana, tetapi mewah dan elegan.

Model Dapur Merah Putih

Model Dapur Sederhana
https://banthamtraisangiare.com

Kombinasi warna merah dan putih layaknya bendera Indonesia ini menjadi pilihan menarik untuk model dapur sederhana di rumah Anda.

Warna merah meninggalkan kesan ceria yang akan menghangatkan hari-hari Anda. Sementara, warna putih mengilap terkesan mewah. Perpaduan dua warna itu makin sempurna dengan motif lantai bergaris warna cokelat.

Namun, jangan lupa, jika memilih konsep dapur seperti ini, Anda harus menjaga kebersihannya lebih ekstra, karena meninggalkan bekas kotoran pada warna putih akan sangat terlihat.

Model Dapur Sejuk dan Tenang

Model Dapur Minimalis
https://lajfka.sk/

Model dapur seperti ini terbilang paling sempurna. Tanpa melupakan fungsi dapur itu sendiri, konsep ini menarik, karena terkesan sejuk dan nyaman. Pilihan warna kitchen set putih dan hitam tak bertabrakan dengan warna rust yang digunakan lantai dan bangkunya.

Suasana memasak sekaligus makan menjadi lebih menyenangkan saat menatap lukisan berwarna hijau yang menempel di dinding menghadap ke arah jendela.

Model Dapur dengan Wallpaper Batu Bata

Model Dapur Sederhana
https://pxhere.com/

Selain taman di dalam rumah, dinding berbahan batu bata merah tanpa dilapisi plester dan aci bisa juga digunakan sebagai konsep dapur sederhana.

Jika tidak ingin repot, Anda bisa menggantinya dengan wallpaper seperti ini yang banyak dijual di pasaran. Untuk pilihan cat tembok, lebih tepat jika warnanya putih atau warna lain yang terang.

Samakan warna kitchen set-nya dengan warna lantai. Dan, agar dapur tidak terkesan sempit, hindari meletakkan barang di atas meja atau di luar lemari kitchen set.

Model Dapur Klasik yang Tak Membosankan

Model Dapur Sederhana
http://sidonierenovation.co.uk/

Jangan berkecil hati jika rumah Anda bermodel klasik dengan perabotan atau berbahan dasar kayu. Agar tak membosankan, Anda dapat mengembangkan konsep dapur dan ruang makannya dengan material serba kayu tua juga.

Padukan dengan lantai berwarna cokelat tua motif bergaris seperti otot. Buat temboknya seperti rumah yang tengah direnovasi.

Suasana seperti ini akan menjadi lebih hangat, jika di samping tangga dibuatkan tempat perapian. Biarkan atap tanpa plafon dengan lampu menggantung model lama.

Model Dapur Mewah dengan Ukiran

Model Dapur Sederhana
https://www.adweekbrandgenius.com/

Tak memungkiri jika kitchen set dengan ukiran ini meninggalkan kesan mewah. Ditambah, motif keramik yang digunakan bercorak lebih kuat dan berkarakter. Konsep ini biasanya digunakan untuk model rumah megah seperti India.

Tak hanya itu, agar menambah kesan mewah, gunakan lampu jenis chandelier dan atur agar pencahayaan tidak menyebar ke berbagai arah kecuali dapur.

Model Dapur Kuning Merata

Model Dapur Minimalis
http://www.zoubi.net/

Warna matahari ini menyiratkan arti kebahagiaan, ceria, ramah, serta energi yang dalam. Tembok yang terbuat dari keramik juga mudah dibersihkan.

Jika tak ingin terkesan kurang serasi, padukan dengan warna yang hampir menyerupai. Bisa juga warna netral: hitam atau putih. Kesan warna itu semakin hidup jika di atasnya Anda pasang lampu lebar agar dapur memperoleh pencahayaan yang bagus di malam hari.

Model Dapur Putih-Kelabu

Model Dapur Sederhana
https://www.daka.cz/

Abu-abu memang selalu menjadi pilihan warna yang disukai banyak orang. Jika Anda termasuk pencinta warna tersebut, padukan dengan lantai bergaris beige. Temboknya lebih pas jika memilih warna putih.

Pemandangan semakin menyenangkan jika di samping pintu, Anda menambahkannya dengan lukisan bunga tulip merah.

Agar berkesan sederhana, jadikan konsep dapur ini menyatu dengan ruang makan sekaligus. Boleh juga menambahkan televisi kecil sebagai hiburan di sela-sela kegiatan makan.

Model Dapur Serba Biru

Model Dapur Sederhana
https://www.cuisine-et-confidences.fr/

Memasak jadi makin menyenangkan jika pemandangan yang dilihat adalah bentangan lahan hijau yang subur dan luas. Jika konsepnya sudah seperti ini, Anda tak perlu memusingkan warnanya.

Bahkan, akan tetap menarik sekalipun Anda memilih perabotan berwarna serba biru. Anda juga tak perlu menambahkan lukisan, televisi, atau pelengkap hiburan yang menyegarkan mata lainnya. Konsep sesederhana mungkin justru meninggalkan kesan mendalam.

Model Dapur dengan Jendela Kaca Besar

Model Dapur Sederhana
https://nextgen.dk/

Anda tak perlu memasang lampu terlalu banyak jika menggunakan konsep seperti ini. Selain menghemat listrik, cahaya lampu justru akan dikalahkan oleh cahaya matahari di pagi hari.

Jika ingin terang di malam hari, Anda hanya perlu memasang lampu besar di tengah-tengah dapur yang menempel pada plafon. Selain mendapatkan banyak cahaya matahari, jendela juga berfungsi mengeluarkan asap akibat memasak.

Anda juga tak perlu memasang kitchen set dengan lemari menggantung. Hal tersebut justru akan meninggalkan kesan berantakan.

Model Dapur Era 90-an

Model Dapur Minimalis
https://tessagreen.ca/

Konsep dapur ini seperti bernostalgia ke zaman dahulu kala. Mulai dari bangku dengan punggung berbentuk jaring, kayu dengan ukiran apa adanya, hingga wallpaper kotak-kotak, ditambah dengan foto lama yang terpajang di sela-sela kitchen set.

Model Dapur Pintu Sliding

Model Dapur Sederhana
https://lifebun.com/

Ini adalah model dapur idaman keluarga. Ruang makan yang terpisah dengan konsep yang sederhana ini menjadi salah satu pilihan terbaik menciptakan dapur dengan suasana yang nyaman.

Samakan model lantai dengan tembok dan plafonnya agar senada. Pintu yang digunakan juga lebih baik jika model sliding dari kaca, bukan dorong-tarik seperti pada umumnya.

Pilihan lampu menggantung menyatu dengan konsep plafon yang digunakan. Pintu dan jendela yang kesemuanya berkaca lebar justru menimbulkan kesan ruangan luas yang bisa memandang ke segala arah.

Model Dapur untuk Bernostalgia

Model Dapur Sederhana
https://id.pinterest.com/

Konsep dapur seperti ini memberikan suasana yang tenang dan damai di hati Anda. Apalagi duduk di ruang makan sembari mendengarkan lagu-lagu kenangan. Membawa pikiran untuk bernostalgia kembali.

Warna ruangan serta perabotannya tidak perlu macam-macam, hanya perpaduan putih dan cokelat.

Agar tak jenuh menunggu Ibu memasak, isilah lemari terbuka yang kosong dengan buku-buku bacaan.

Model Dapur dengan Memanfaatkan Ruangan yang Sempit

Model Dapur Minimalis
http://my-place.pl/

Konsep ini cocok untuk apartemen yang berukuran kecil. Pilihlah warna charcoal yang dipadukan dengan warna beige. Hindari warna yang mencolok dan terkesan ramai.

Gantung peralatan dapur di dekat wastafel dan letakkan lemari pendingin di ujung ruangan. Buat meja kecil dengan dua kursi berukuran tinggi yang letaknya berseberangan dengan kitchen set.

Jika menggunakan konsep ini, hindari lampu gantung yang terkesan mencolok. Lebih baik memasang lampu yang menempel dengan plafon.

Model Dapur Ruang Makan Menyatu

Model Dapur Minimalis
https://tech4pc.net/

Jika Anda tak memiliki ruang cukup besar sebagai ruang makan, mungkin konsep ini adalah yang paling cocok. Anda hanya perlu membedakan warna meja makan dengan kitchen set, agar orang tahu jika itu adalah meja makan unik.

Agar lebih hidup, gunakan warna cokelat saja untuk kitchen set-nya. Sementara, meja makan gunakan warna hitam bermotif totol abu. Agar tak jenuh atau bosan saat berada di tempat ini, pasang jendela yang mengarah ke pekarangan/jalan.

Tak apa jika jendelanya hanya berukuran kecil. Justru pilihan tersebut akan mengelabui orang terhadap fakta bahwa ruangan tersebut adalah dapur yang menyatu dengan ruang makan.

Model Dapur Letak Kompor Terpisah

Model Dapur Sederhana
https://alfa74.ru/

Konsep ini adalah yang banyak disukai para ibu. Letak kompor yang berdekatan dengan wastafel akan menghemat tenaga. Letaknya yang terpisah dari kitchen set membuat asap yang keluar saat memasak tidak menempel ke perabotan di sekitarnya.

Konsep ini semakin menarik jika terhubung dengan ruang terbuka, seperti taman di belakang rumah atau pintu kaca.

Model Dapur dengan Kaca Jendela Kecil

Model Dapur Sederhana
https://www.pexels.com/

Perbedaan dengan konsep sebelumnya hanyalah pada kaca jendelanya. Meski hanya kecil, keberadaan kaca jendela membuat pemandangan lebih menarik. Apalagi, jika di bingkai jendela Anda letakkan pot bunga atau pohon hijau.

Pada konsep ini, cukup gunakan dua warna: putih dan cream, karena melibatkan semakin banyak warna akan terkesan berantakan dan kurang serasi.

Model Dapur Lantai Kayu

Model Dapur Minimalis
http://www.kindredsoulscollective.com.au/

Model dapur ini sangat menarik. Meskipun menggunakan banyak warna, terlihat natural dan tidak bertabrakan.

Hal itu terlihat dari lantai kayu yang padu dengan jendela model zaman dahulu. Lalu, lukisannya berwarna senada dengan wallpaper yang terpasang di antara kitchen set.

Tak masalah jika Anda menambahkan bangku sebanyak empat buah beserta meja kecil yang bisa digunakan untuk bersantai. Selain bersantai, anak-anak bisa menunggu ibunya memasak di sini.

Model Dapur dengan Lampu Menggantung

Model Dapur Minimalis
https://theculturetrip.com/

Hanya memandang sekilas saja, konsep dapur hanging lamp ini sangat mencolok. Tak perlu memasang banyak lampu jika memang kurang terang, karena Anda bisa menambahkannya dengan lampu tempel yang terpasang di sela-sela kitchen set.

Menggunakan konsep seperti ini akan lebih pas jika memasang pintu tarik-dorong bukan geser, karena ada banyak bangku dan meja di dalamnya.

Model dapur seperti ini didasari oleh ide rumah makan/kafe yang bertujuan menampung orang banyak. Kelemahan dari konsep ini: Anda perlu ruangan yang lebar.

Model Dapur Serba Cokelat

Model Dapur Sederhana
https://nanotime-ua.info/

Jika sebelumnya ada konsep dapur serba biru, kuning, serta abu-abu tetapi Anda tak menyukainya, kali ini ada model dapur serba cokelat.

Perpaduan warna yang digunakan hanya dua saja: cokelat tua dan cokelat muda. Lantainya pun berwarna senada dengan warna tembok dan kitchen set yang berbahan dasar kayu tua.

Model dapur ini sangat potensial bagi Anda yang memiliki area dengan letak menjorok. Saat memasuki dapur, Anda langsung diarahkan menuju letak kompor dengan wastafel yang terletak di sisi kirinya.

Model Dapur Mewah

Model Dapur Minimalis
http://world-renovation.com/

Model dapur seperti ini mengusung konsep ruang terbuka. Jika menggunakan konsep ini, Anda harus memikirkan soal asap dapur saat tengah memasak.

Sebab itulah, Anda harus memasang exhaust fan tepat di atas kompor. Keuntungan dari konsep ini adalah Anda tak perlu memikirkan soal ruang makan. Mejanya yang lebar bisa berfungsi sebagai tempat memasak sekaligus makan.

Demikian referensi model dapur sederhana yang mungkin cocok untuk rumah Anda. Semoga bermanfaat.