15 Desain Dapur Mungil yang Membuat Anda Makin Rajin Memasak

RPWN – Dapur adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah rumah. Tak harus besar dan mewah, dapur berukuran kecil pun bisa tampil menarik dan terasa nyaman. Dengan tema unik dan tatanan yang apik, beberapa ide desain dapur mungil berikut ini dijamin akan membuat Anda betah berlama-lama di dapur.

Bentuk Lurus (Single Line) yang Sederhana

Desain Dapur Mungil
https://idntimes.com/

Inilah desain yang paling banyak digunakan untuk menata dapur mungil karena ruang yang dibutuhkan hanya sedikit. Dengan panjang antara 2 hingga 3 meter, Anda bisa menempatkan bak cuci piring beserta rak di ujung kiri dan kompor di ujung kanan.

Dinding sebelah kanan bisa dimanfaatkan untuk menyimpan bumbu-bumbu. Bagian tengah merupakan area untuk menyiapkan bahan makanan, juga tempat meletakkan rice cooker dan oven. Agar tidak terasa sesak, kabinet atas sebaiknya tidak dibuat penuh.

Sisakan ruang untuk memasang rak terbuka yang sekaligus bisa dimanfaatkan untuk menyimpan stoples-stoples cantik sebagai dekorasi dapur.

Bentuk L untuk Dapur yang Nyaman

Desain Dapur Kecil Mungil
https://decoor.net/

Selain bentuk lurus, desain huruf L juga banyak dipakai untuk mendesain dapur mini karena memberikan ruang lebih luas. Letakkan bak cuci piring di bagian dapur yang lebih pendek. Manfaatkan sedikit ruang di sebelah kirinya untuk menyimpan perabot seperti termos, tempat gula dan kopi, atau lainnya.

Sisi dapur yang lebih panjang digunakan untuk menyiapkan bahan makanan dan menyimpan oven, timbangan kue, keranjang roti, dan sebagainya.

Ruang bagian atas bisa Anda maksimalkan dengan memasang kabinet secara penuh, kecuali pada bagian jendela. Pilihlah warna polos terang supaya dapur tampak bersih dan nyaman.

Bentuk U Juga Bisa Dipilih untuk Dapur Mungil

Desain Dapur Kecil Mungil
https://dekoruma.blog/

Desain dapur berbentuk huruf U ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk area yang luas, tetapi bisa juga diaplikasikan untuk dapur mini. Cara menyiasatinya adalah dengan menempatkan bak cuci piring tunggal di bagian tengah sehingga tidak memakan banyak ruang.

Lebih baik lagi jika posisinya berada tepat di depan jendela. Kedua sisi yang berhadapan digunakan untuk meletakkan kompor dan area untuk menyiapkan bahan makanan.

Keuntungan dapur mini berbentuk U ini adalah ruang penyimpanannya lebih luas dengan memaksimalkan kabinet bagian bawah. Untuk bagian atas, gunakan rak terbuka agar dapur tidak terasa sempit.

Tema Monokrom yang Elegan

Desain Dapur Kecil Mungil
https://www.mediamaya.net/

Bagi Anda yang menyukai gaya modern dan minimalis, tema monokrom juga bisa digunakan untuk mendesain dapur. Dengan komposisi serta penempatan yang tepat, warna hitam dan putih akan memberikan kesan elegan pada dapur Anda.

Gunakan warna putih untuk dinding dapur dan kabinet agar dapur terkesan lebih luas. Sentuhan warna hitam bisa Anda aplikasikan pada table top, keramik dinding, dan beberapa perabot atau peralatan memasak. Anda juga bisa menambahkan sedikit warna lain yang mencolok sebagai aksen.

Selain memberi kesan elegan dan luas, warna putih pada dapur juga memberi keuntungan tersendiri. Warna putih akan membuat Anda senantiasa memperhatikan kebersihan dapur. Dengan demikian, masakan Anda pun akan lebih higienis, bukan?

Dapur Cubicle yang Unik

Desain Dapur Kecil Mungil
https://www.amukraine.org/

Ruangan yang terbatas bukan penghalang untuk memiliki dapur yang nyaman. Konsep dapur cubicle bisa Anda coba. Caranya, buatlah dinding mengelilingi dapur, tetapi biarkan bagian tengahnya tetap terbuka. Trik ini akan membuat batas area dapur tetap jelas tanpa membuat ruangan ini terasa sempit.

Dapur berbentuk cubicle ini cocok untuk Anda yang masih lajang atau baru menikah. Anda memanfaatkan sisi yang terbuka untuk memasang mini bar sebagai tempat menikmati hidangan kreasi Anda bersama teman atau pasangan. Gunakan warna terang agar dapur terasa lebih luas.

Dapur di Bawah Tangga, Kenapa Tidak?

Desain Dapur Mungil
https://imgurk.com

Jika Anda memiliki rumah berlantai dua, jangan sia-siakan ruangan yang terdapat di bawah tangga. Biasanya, ruangan tersebut dibiarkan kosong atau hanya dimanfaatkan dengan cara memasang lemari atau rak untuk menyimpan berbagai barang, padahal bisa juga digunakan untuk membuat dapur, lo!

Dapur di bawah tangga bisa dibuat di dalam maupun luar ruangan seperti gambar di atas. Meskipun relatif kecil, Anda bisa tetap memasang kitchen set yang dipesan dengan ukuran khusus. Jika memungkinkan, manfaatkan ruang antara dapur dan dinding untuk meletakkan meja makan panjang.

Serba Putih yang Modern

Desain Dapur Kecil Mungil
https://interioraura.com/

Warna putih merupakan ciri khas dapur modern dan bisa Anda dapatkan dengan mudah pada banyak bahan dan perabot dapur. Gunakan warna putih untuk seluruh bagian dapur, mulai dari dinding, kitchen set (termasuk kabinet atas dan bawah), hingga keramik dinding.

Untuk menambah kesan elegan, pilihlah table top dari marmer. Anda bisa menambahkan aksen berupa perabot dari bahan stainless steel, misalnya pada cooker hood, teko air, atau lainnya. Sentuhan metalik akan membuat dapur tampil makin modern.

Sementara itu, spatula berwarna hitam akan menjadi titik kontras yang membuat dapur makin menawan.

Tema Natural yang Hangat

Desain Dapur Kecil Mungil
https://pinterest.com

Untuk Anda yang menyukai nuansa alami, dapur berukuran mini bukan halangan untuk mewujudkan impian. Dengan sedikit trik sederhana, dapur Anda akan tampil memesona dengan nuansa natural yang hangat. Lapisi dinding dengan keramik atau wallpaper bermotif batu bata dengan warna cokelat muda.

Untuk kitchen set, pilihlah material dari kayu atau diberi lapisan bermotif kayu dan padukan dengan table top berwarna cokelat muda.

Untuk memperkuat kesan natural, gunakan perabot seperti talenan dan kotak bumbu dari kayu. Permanis dapur Anda dengan memajang cangkir, mangkuk, atau dekorasi lain berwarna senada.

Langit-Langit Tinggi untuk Kesan Mewah

Desain Dapur Kecil Mungil
http://hgtv.com/

Tak perlu berkecil hati dengan area dapur yang mungil. Anda tetap bisa memiliki dapur berkesan mewah dengan memanfaatkan langit-langit yang tinggi. Buatlah kabinet dan lemari-lemari kaca yang menyentuh plafon. Selain memberi kesan lega, area penyimpanan pun lebih luas.

Pilihlah warna putih sebagai warna dominan agar dapur tidak gelap. Jika takut bosan, tambahkan panel kayu di salah satu bagian atas kabinet. Tambahkan karpet bergaya klasik sepanjang lorong dapur untuk menambah kesan mewah.

Dapur Semi Terbuka yang Sejuk dan Lega

Desain Dapur Kecil Mungil
https://idntimes.com/

Meski luas rumah terbatas, sisakan sedikit ruang di bagian belakang untuk membuat taman kecil, sekaligus dapur dan ruang makan. Sebuah kitchen set sederhana bisa Anda pasang di bawah tangga. Pilih lantai berwarna natural agar tidak terlalu kotor akibat terkena percikan air hujan.

Dapur semi terbuka ini memiliki banyak kelebihan. Sirkulasi udaranya lebih baik, begitu juga pencahayaannya. Keberadaan taman membuat dapur terasa lebih sejuk dan lega. Setelah memasak, Anda dan keluarga bisa menyantap hidangan sambil memandangi taman nan hijau.

Dapur Mungil Plus Ruang Makan? Bisa!

Desain Dapur Kecil Mungil
https://dekorrumah.net/

Tak perlu ruang yang luas untuk menyatukan dapur dan ruang makan. Justru cara ini sering dilakukan untuk menyiasati luas rumah yang terbatas. Namun, diperlukan trik agar perpaduannya terlihat harmonis dan tidak sesak.

Gunakan warna terang (sebaiknya putih), untuk kitchen set, meja dan kursi makan, juga lantai. Selanjutnya, pilih model meja dan kursi makan yang simpel dan tidak terlalu besar. Gunakan meja hanya untuk meletakkan piring makan dan gelas, sedangkan lau-pauk bisa disimpan di meja dapur.

Tambahkan dekorasi berupa tanaman dalam pot di dekat jendela serta lampu gantung model chandelier di atas meja makan.

Jika Anda menyukai nuansa yang alami, gunakan desain bata exposed (dibiarkan tanpa finishing) pada beberapa bagian dinding dapur, termasuk di atas kitchen set. Pilih warna natural seperti cokelat kusam agar serasi dengan table top yang bermotif kayu dan berwarna senada.

Kombinasi Gaya Rustic dan Shabby Chic

Desain Dapur Mungil
https://today.line.me

Memadukan gaya rustic yang natural dengan shabby chic yang feminin akan menghasilkan dapur yang luar biasa unik. Tak perlu khawatir harus berburu barang-barang antik karena perabotan dapur kekinian seperti rel dan rak piring gantung berwarna hitam pun bisa menyatu dengan konsep ini.

Kombinasi kedua gaya klasik ini bisa Anda dapatkan sekaligus melalui wallpaper yang digunakan. Kertas dinding tersebut bermotif papan kayu yang menampilkan kekhasan gaya rustic, sedangkan warna pink dan hijau muda yang berkesan kusam menjadi ciri shabby chic.

Kesan shabby chic bisa Anda perkuat dengan memilih warna merah muda dan hijau muda pada meja dapur, cover galon, keramik meja dapur, dan dinding. Sementara itu, material kayu jati pada penutup kabinet bawah kembali menegaskan gaya rustic pada dapur ini.

Tema Retro yang Klasik

Desain Dapur Mungil
http://pinterest.com

Gaya retro (kependekan dari retrospective yang artinya “melihat ke belakang”) adalah salah satu desain yang bertujuan untuk menghadirkan kembali masa lalu. Untuk menghadirkan nuansa retro, gunakan perpaduan warna kontras pada kitchen set, juga antara kursi dan meja pink dengan lantai hijau.

Pilih perabot dan barang-barang dekorasi bergaya jadul dengan ciri khas berupa sisi yang melengkung, seperti pada lemari, meja dan kursi makan, toaster, dan lainnya. Tambahkan juga dekorasi dari bahan stainless steel yang juga merupakan bagian dari ciri khas gaya retro.

Tema Vintage yang Eksotis

Desain Dapur Mungil
https://dapurindonesia.web.id

Gaya vintage merujuk pada gaya dekorasi yang menjadi tren pada sekitar tahun 1910–1920. Ciri khas gaya vintage, di antaranya adalah pemakaian furnitur bergaya lama, warna-warna pastel, dan penggunaan motif floral atau abstrak yang berulang pada sebuah benda.

Tidak sulit mewujudkan gaya vintage di dapur mungil Anda. Gunakan material kayu dengan kombinasi warna pink dan biru muda untuk kitchen set, kulkas, meja dan kursi, peralatan memasak, serta barang-barang dekorasi. Lalu, pertegas kesan vintage dengan keramik bermotif khas untuk lantai dapur.

Dapur Penuh Warna

Desain Dapur Mungil
https://idntimes.com/

Jangan takut bermain warna untuk mendesain dapur mungil. Kombinasi warna-warna cerah akan membuat Anda lebih bersemangat saat memasak. Gunakan warna favorit yang mencolok seperti kuning untuk kulkas dan kompor.

Agar serasi, pilih gorden kolong untuk menutup kabinet bawah bermotif bunga dengan warna dominan kuning. Letakkan peralatan makan dan pajangan aneka warna untuk menciptakan dapur yang colorful. Agar tidak terlalu ramai, biarkan dinding dan lantai tetap menggunakan warna putih.

Sebagai penetralisasi sekaligus memberi sentuhan unik, tempatkan meja dan kursi dari kayu dengan warna aslinya.


Di masa sekarang, dapur tidak hanya menjadi tempat menyiapkan hidangan. Lebih dari itu, dapur juga menjadi bagian penting dari sebuah rumah yang juga harus nyaman dan terlihat menarik. Jangan ragu untuk mencoba salah satu dari lima belas desain dapur mungil di atas agar Anda makin rajin memasak!

0