Tips Trik Memilih Perabot tuk Desain Interior Dapur Terbaik

RPWN – Saat ini, dapur bukan lagi sekadar tempat memasak, tetapi juga tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, bahkan rekan kantor. Oleh karena itu, desain interior dapur perlu direncanakan dengan cermat karena dapur menjadi bagian penting dari sebuah rumah.

Perencanaan interior dapur meliputi ukuran, tata letak, warna, desain, dan material dari bagian-bagian penting dalam sebuah dapur yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tulisan ini akan menyajikan beberapa perabot penting di dapur dan tipenya yang bisa dijadikan inspirasi dalam merancang dapur Anda.

Kabinet Atas dengan Bukaan ke Samping

Desain Interior Dapur
https://ramahomesltd.com/

Kabinet atas dengan pintu yang bisa dibuka ke arah samping adalah desain kabinet yang paling umum. Kelebihan kabinet dengan bukaan ke samping adalah memudahkan Anda saat akan mencari, mengambil, atau menyimpan peralatan memasak atau barang lainnya.

Kabinet Atas dengan Bukaan ke Atas

Desain Interior Dapur
https://aviarydecor.com/

Anda yang memiliki dapur mungil sebaiknya memilih kabinet atas jenis ini. Jangan lupa, saat memasang kabinet, pastikan ruang sedikit di bagian atasnya agar pintu kabinet tidak membentur langit-langit saat dibuka. Jika posisinya cukup tinggi, siapkan bangku pendek untuk membantu Anda mencapai kabinet.

Kabinet Atas dengan Pintu Kaca

Desain Interior Dapur Terbaik
http://www.apcarnival.com/

Kabinet atas dengan pintu kaca memudahkan Anda untuk melihat isi lemari tanpa harus membukanya. Karena bisa dilihat dari luar, kabinet berpintu kaca juga bisa menjadi elemen dekorasi dapur dengan cara mengisinya dengan barang-barang yang unik dan cantik.

Kabinet Atas dengan Pintu Chalkboard

Desain Interior Dapur Terbaik
https://inspiredkitchendesign.com/

Menuliskan kata-kata bijak di atas chalkboard alias papan tulis hitam yang diletakkan di tempat tertentu sedang menjadi tren. Ide ini juga sangat menarik jika diadopsi untuk membuat pintu kabinet dapur. Anda bisa menuliskan menu, pesan untuk anggota keluarga, atau kata-kata mutiara.

Kabinet Atas tanpa Pintu

Desain Interior Dapur
https://mamayinstitute.org/

Jika Anda ingin ruang dapur terlihat lebih lega dan memudahkan saat mencari barang, pilihlah kabinet atas dengan desain tanpa pintu. Isilah dengan peralatan makan yang berwarna-warni atau berbentuk unik sehingga kabinet ini sekaligus menjadi dekorasi yang membuat dapur makin cantik.

Kabinet Atas tanpa Pegangan Pintu

Desain Interior Dapur
https://www.rosemountkitchens.com.au/

Desain kabinet ini sangat tepat untuk digunakan pada dapur bertema minimalis dan modern. Tanpa pegangan pintu, kabinet akan terlihat sangat simpel, ringkas, dan elegan. Sebagai gantinya, untuk membuka kabinet, terdapat sebuah cekungan atau lubang di bagian bawah pintu.

Kabinet Bawah dengan Laci Sudut

Desain Interior Dapur Terbaik
https://aviarydecor.com/

Pada meja dapur atau kitchen set berbentuk L atau U, bagian sudut kabinet bawah sering kali tidak dimanfaatkan karena akan membuat pintu kabinet akan saling bertabrakan saat dibuka bersamaan. Agar ruangan ini tidak terbuang percuma, Anda bisa membuat laci sudut yang bisa dibuka dengan aman.

Kabinet Bawah dengan Rak Pull out Swivel

Desain Interior Dapur
https://www.bullerltd.co.uk/

Cara lain untuk memanfaatkan ruang sudut kabinet bawah adalah dengan membuat kabinet model pull out swivel.

Di dalam kabinet ini, terdapat rak yang dapat bergerak keluar atau masuk kabinet dengan cara berputar saat pintu dibuka atau ditutup. Cara ini memungkinkan rak mengisi ruang di sudut kabinet.

Kabinet Bawah dengan Rak Tarik

Desain Interior Dapur Terbaik
http://www.novaprojeta.com/

Rak tarik pada kabinet bawah berfungsi untuk memaksimalkan tempat penyimpanan sehingga tidak ada ruang yang terbuang. Selain itu, rak tarik ini memudahkan Anda mencari dan mengambil barang-barang kecil. Rak tarik juga efektif untuk menata dan menyimpan barang-barang sesuai jenis atau kegunaannya.

Backsplash dari Keramik Bermotif

Desain Interior Dapur
http://fantasyva.com/

Backsplash adalah bagian vertikal dapur, terutama yang terletak di antara kabinet atas dan bawah. Area ini berfungsi melindungi dinding dapur dari cipratan minyak, air, atau noda lainnya. Dengan memasang keramik aneka motif, area backsplash bisa menjadi elemen dekoratif yang membuat dapur makin cantik.

Backsplash Bermotif Bata Putih

Desain Interior Dapur Terbaik
https://baneproject.com

Jika Anda memang menyukai warna putih, tak perlu khawatir untuk menggunakan keramik putih yang berbentuk subway tiles yang klasik ini. Material keramik memiliki permukaan yang licin sehingga sangat mudah dibersihkan jika terkena cipratan air, minyak, bumbu, dan sebagainya.

Backsplash Bata tanpa Semen

Desain Interior Dapur
https://usdecorating.com/

Desain backsplash dengan batu bata merah tanpa dilapisi semen ini akan sangat mendukung tema vintage pada dapur Anda. Caranya pun sangat mudah, batu bata merah dipasang seperti membuat dinding biasa, lalu dibiarkan kasar tanpa polesan semen.

Backsplash dari Marmer

Desain Interior Dapur Terbaik
https://curatedinterior.com/

Seperti halnya keramik, marmer juga memiliki permukaan yang licin sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, dengan ketebalan 2 cm, marmer sangat keras atau tidak mudah pecah sehingga sangat awet. Yang tak kalah penting, menggunakan keramik akan membuat dapur tampak mewah dan elegan.

Countertop dari Kayu

Desain Interior Dapur Terbaik
https://decodesainrumah.blogspot.com

Countertop menjadi pusat semua aktivitas memasak, sehingga desainnya pun perlu diperhatikan agar sesuai dengan tema yang diinginkan. Countertop dari kayu ini sangat pas untuk dapur bernuansa natural. Dengan bak cuci piring berbahan tembikar, dapur akan memiliki kesan alami yang klasik.

Countertop dari Batu Alam

Desain Interior Dapur
https://www.jimhicks.com/

Salah satu kunci untuk menciptakan kesan mewah dan elegan pada dapur adalah dengan menggunakan countertop yang terbuat dari batu alam, seperti granit atau marmer. Dengan permukaan yang sangat mudah dibersihkan, Anda pasti makin bersemangat untuk memasak di dapur kesayangan.

Countertop dari Keramik

Desain Interior Dapur Terbaik
https://xtrainspira.com/

Countertop dari keramik biasanya digunakan pada dapur sederhana. Dengan warna natural dan motif sederhana, dapur pun terlihat klasik. Agar selaras, gunakan bahan kayu untuk pintu kabinet dan perabot lainnya. Area backsplash pun sebaiknya ditutup dengan lapisan keramik juga dengan warna senada.

Cooker Hood Tipe Cerobong

Desain Interior Dapur
https://zephyronline.com/

Untuk dapur berukuran besar, Anda bisa memilih cooker hood berbentuk cerobong. Cooker hood dengan cerobong persegi empat sangat sesuai dengan tema minimalis dapur ini. Warna putihnya pun menyatu dengan warna dominan dapur, yaitu biru gelap dan putih.

Cooker Hood Tipe Built-In

Desain Interior Dapur
http://www.mum-onthego.com/

Dapur yang sempit bukan halangan untuk memasang cooker hood. Bahkan, dapur berukuran kecil sering kali lebih membutuhkan penyedot asap ini, karena asap mudah menyebar ke penjuru rumah, apalagi jika dapurnya merupakan dapur tertutup.

Akan tetapi, jenis penyedot asap yang digunakan tentu berbeda. Cooker hood berbentuk cerobong yang besar tentu akan membuat dapur makin sesak. Jadi, pilihlah cooker hood yang relatif tipis. Penyedot asap jenis ini bisa dipasang menyatu (built-in) dengan kitchen set.

Bak Cuci Piring dari Stainless Steel

Desain Interior Dapur
https://www.tapsuk.com/

Bak cuci piring (kitchen sink) berbahan stainless merupakan jenis yang paling banyak ditemukan. Untuk dapur kecil, gunakan bak cuci piring dengan satu bak dan berukuran kecil. Sekarang, bak cuci piring bentuk standar sudah banyak ditinggalkan, digantikan model dan ukuran yang jauh lebih menarik.

Untuk dapur kecil bergaya minimalis, gunakan bak cuci piring dengan satu bak segi empat berukuran kecil. Bak yang cukup dalam membuat Anda bisa mencuci dengan aman. Area sekitarnya tidak akan kotor oleh cipratan air, meskipun bak cuci piring ini tidak dilengkapi pengering seperti pada tipe standar.

Bak Cuci Piring dari Tembikar

Desain Interior Dapur
https://www.wearefound.com/

Dahulu, bahan tembikar hanya digunakan untuk membuat wastafel di kamar mandi atau ruang makan. Namun, saat ini, bak cuci piring di dapur pun sudah banyak yang dibuat dari bahan tembikar. Bak cuci piring ini sangat serasi untuk digunakan pada dapur putih dengan countertop berbahan marmer.

Meja Island dengan Bak Cuci Piring

Desain Interior Dapur Terbaik
https://www.familyhandyman.com/

Pada dapur berukuran besar, meja island biasanya diletakkan di tengah ruangan. Fungsi utama meja ini adalah sebagai tempat untuk melakukan persiapan memasak, seperti memotong bahan makanan atau lainnya. Meja ini juga bisa digunakan untuk memasang kompor atau bak cuci piring.

Bak cuci piring di meja island akan sangat menghemat waktu memasak karena Anda tidak perlu bolak-balik antara meja dapur dan island untuk mencuci dan memotong sayuran. Pada bagian bawah meja island, bisa dibuat lemari, laci, atau rak sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Meja Island Sekaligus Meja Makan

Desain Interior Dapur Terbaik
http://www.aimeescoffeehouse.com/

Meski fungsi utamanya adalah untuk mempersiapkan bahan makanan yang akan dimasak, meja island juga bisa difungsikan sebagai meja makan sekaligus. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menyediakan meja dan kursi makan terpisah.

Karena digunakan sebagai meja makan, island harus dilengkapi kursi. Bentuk kursi yang paling cocok untuk island berbentuk kotak sederhana adalah stool atau kursi tanpa sandaran. Bangku kayu sederhana ini sangat menyatu dengan meja island berwarna krem dan putih yang memiliki rak dari kayu juga.

Kompor Gas Dua Tungku

Desain Interior Dapur
http://pelephante.blogspot.com

Kompor adalah benda yang harus ada di sebuah dapur. Kerena jenisnya sangat banyak, Anda pun perlu memilih yang paling sesuai dengan tema dan ukuran dapur. Gas dua tungku sangat cocok untuk dapur sederhana dengan ruangan terbatas karena harganya terjangkau dan tidak membutuhkan banyak ruang.

Kompor gas biasa ini juga sekarang tidak selalu berwarna metalik khas stainless steel. Untuk dapur bernuansa cokelat dan keemasan ini, tentunya kompor dengan warna senada akan membuat dapur tampak lebih atraktif.

Kompor Gas Tanam

Desain Interior Dapur
https://aviarydecor.com/

Bagi Anda yang menginginkan interior dapur yang lebih modern, kompor gas tanam ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Baik untuk gaya minimalis maupun lainnya, kompor ini tetap tampak menyatu dengan dapur secara keseluruhan, asalkan tipe dan warnanya sesuai dengan tema dapur.

Untuk dapur minimalis dengan warna putih dan abu-abu ini, kompor tanam berwarna abu-abu makin membuat meja dapur terlihat elegan. Terlebih lagi, desain kompor ini juga sangat modern, dilengkapi tombol-tombol dengan beragam fungsi.

Kompor dan Oven Gas

Desain Interior Dapur
http://www.counterpointgroup.com/

Belakangan ini, kompor sekaligus oven gas makin banyak digunakan. Pada dapur berbentuk U, kompor tipe ini biasanya dipasang di tengah-tengah salah satu sisi meja, diapit lemari atau laci. Kompor tanpa dudukan memberikan sentuhan modern pada membuat dapur bertema klasik natural ini.

Dengan waran hitam, putih, atau silver, kompor jenis ini bisa digunakan pada tema apa pun, apalagi jika kabinet yang mengapit kompor berwarna putih. Hanya saja, karena ukurannya cukup besar sehingga sangat memakan tempat, kompor sekaligus oven lebih cocok digunakan di dapur besar seperti ini.


Merancang desain interior dapur yang menarik memang membutuhkan kreativitas dan rasa seni. Semoga informasi tentang elemen-eleman penting di dapur beserta jenis-jenisnya ini bisa membantu Anda mendapatkan desain dapur terbaik yang tak hanya cantik, tetapi juga membuat nyaman.

0