12 Inspirasi Desain Meja Dapur Keren dari Beragam Material

RPWN – Meja dapur menjadi salah satu elemen penting yang harus diperhatikan ketika mendesain dapur. Adapun yang dimaksud dengan meja dapur dalam tulisan ini adalah bagian atas dari kabinet bawah yang juga dikenal dengan sebutan table top atau countertop.

Meja dapur biasa digunakan untuk mempersiapkan bahan makanan dan meletakkan bumbu atau peralatan lainnya. Selain bentuknya, Anda juga harus memilih material yang paling tepat dengan mempertimbangkan desain meja dapur yang akan dibuat seperti dua belas contoh berikut ini.

Desain Meja Dapur Modern dengan Granit Hitam

https://budout.org/

Meja dapur dari granit hitam dengan panel kabinet putih sangat tepat untuk dapur bertema monokrom yang berkesan modern. Kompor dan oven gas berwarna hitam yang ditempatkan di antara kabinet putih semakin mempertegas tema monokrom dan sangat serasi dengan granit hitam pada meja dapur.

Tempatkan juga perabotan dan pernak-pernik berwarna senada, seperti coffee maker dan vas bunga berwarna hitam, tempat bumbu berwarna putih, dan serbet bermotif zig-zag berwarna hitam-putih. Sebagai aksen, Anda juga bisa meletakkan satu buah perabot dari bahan kayu.

Granit memiliki karakter yang sangat cocok untuk dijadikan material meja dapur, yaitu tahan panas, tahan beban, tahan goresan, dan tampilannya sangat mewah. Namun, granit cukup berat, harganya relatif mahal, perlu dipoles secara teratur karena berpori, dan motifnya terbatas.

Desain Meja Dapur Mewah dari Marmer

https://www.mydomaine.com/

Ingin dapur yang terlihat mewah? Pilih material marmer untuk meja dapur Anda. Selain indah, marmer tahan panas dan air. Namun, harganya cukup mahal dan Anda harus rajin membersihkan dapur karena marmer sangat mudah menyerap noda yang sulit hilang jika tidak langsung dibersihkan.

Meja dapur dari marmer putih berpola klasik ini berpadu apik dengan backsplash bermotif batu bata putih yang sedang menjadi tren. Untuk memberikan sentuhan kontras, buat kabinet dengan warna putih dan hitam. Tempatkan kompor dan oven gas berwarna hitam pekat di tengah-tengah kitchen set.

Manfaatkan peralatan makan, tempat spatula, vas kecil, panci, dan botol-botol berwarna hitam dan putih sebagai dekorasi. Jangan lupa, tambahkan lampu gantung bertema black and white di atas meja island. Untuk menambah kesan mewah, keran air berwarna emas bisa jadi pilihan.

Desain Meja Dapur Natural dari Kayu

http://www.vtindustries.com/

Perlu diketahui, menciptakan kesan natural di dapur tidak berarti seluruh bagian dapur harus terbuat dari kayu. Anda yang menyukai nuansa natural bisa memilih kayu hanya untuk material meja dapur. Kayunya pun tidak harus berwarna cokelat muda seperti pada umumnya.

Cobalah menggunakan kayu yang berwarna sedikit gelap sehingga serasi dengan kompor gas warna hitam. Untuk menampilkan kesan modern, pilih kabinet dari logam dengan warna silver yang solid. Agar dapur tidak gelap dan kesan alami dapur makin kuat, gunakan keramik dinding bermotif batu bata putih.

Jenis kayu yang sering digunakan untuk meja dapur adalah kayu jati dan maple. Dengan harga cukup mahal, meja dapur kayu memiliki beberapa kelebihan, yaitu mudah dibersihkan serta dapat dihaluskan dan dilapisi lagi. Sayangnya, kayu mudah rusak jika terkena noda dan air serta rentan tergores.

Desain Meja Dapur Unik dari Kaca Daur Ulang

https://www.charlestoncrafted.com/

Meskipun belum terlalu lazim karena mudah pecah, menggunakan material kaca untuk membuat meja dapur bukan hal aneh. Terlebih lagi, kaca sangat tahan terhadap noda dan mudah dibersihkan sehingga dapur Anda dijamin higienis. Tentunya, kaca yang digunakan harus cukup tebal agar tidak mudah pecah.

Agar dapur terlihat unik, pilih kaca hasil daur ulang, bukan kaca polos. Kaca daur ulang memiliki pola abstrak yang menarik, seperti tema lautan dengan dominasi warna hijau dan putih. Kaca ini merupakan hasil daur ulang pecahan-pecahan kaca yang dengan proses tertentu akan menghasilkan lembaran kaca.

Tonjolkan tema laut dapur Anda dengan mengecat meja island dengan warna biru muda, sedangkan kabinet-kabinet tetap menggunakan warna putih untuk menampilkan sisi elegan. Dengan motif kaca daur ulang seperti ini, Anda bisa bebas meletakkan peralatan atau dekorasi dengan warna apa pun.

Desain Meja Dapur Industrial dari Stainless Steel

http://amysoffice.net/

Di Indonesia, mungkin masih jarang orang yang memilih tema industrial untuk mendesain dapurnya. Tema ini sangat unik dan salah satu cirinya adalah penggunaan barang-barang dari logam.

Meja dapur dari stainless steel ini menjadi unsur utama yang akan membuat tema industrial pada dapur Anda makin kuat. Tak hanya meja dapur, kabinet bawah pun sebaiknya dibuat dari bahan yang sama.

Untuk bagian atas, gunakan rak terbuka yang juga terbuat dari stainless steel karena salah satu ciri dapur industrial adalah mengekspos peralatan makan dan memasak. Terakhir, tempatkan cooker hood di area terbuka dan menyatu dengan lampu gantung.

Kelebihan meja dapur dari stainless steel adalah sangat mudah dibersihkan, higienis, dan lebih murah dibandingkan granit atau marmer.

Adapun kelemahannya adalah Anda harus berhati-hati karena stainless steel merupakan penghantar panas yang baik, mudah penyok, dan menimbulkan suara berisik saat memasak.

Desain Meja Dapur Kontemporer dari Beton

https://angieslist.com/

Meja dapur dari beton sebetulnya sudah banyak digunakan sebagai ambalan atau dudukan kitchen set, lalu bagian bawahnya dipasangi pintu kabinet dan laci. Namun, Anda juga bisa mendesain meja dapur dari beton agar tampil berbeda sebagai unsur utama dapur bergaya kontemporer yang simpel.

Ciri khas dapur kontemporer adalah pemakaian warna-warna “dingin”, seperti hitam, putih, dan abu-abu tanpa dekorasi yang rumit. Padukan meja dapur dari beton berwarna abu-abu natural dengan kabinet bawah berwarna putih. Biarkan permukaan beton terekspos tanpa banyak barang di atasnya.

Dengan meja dapur dari beton, dapur akan terasa lebih dingin dan sejuk karena sifatnya yang menyerap udara panas. Beton juga tahan goresan dan tahan panas sehingga Anda bisa memasak dengan leluasa. Perhatian perlu diberikan pada kemungkinan adanya retakan dan tumbuhnya lumut.

Desain Meja Dapur Klasik dari Keramik/Ubin

https://hgtv.com/

Banyak pilihan warna, motif, dan tekstur; harga yang murah; serta proses pemasangan yang mudah membuat keramik banyak digunakan untuk mendesain meja dapur. Dengan pemilihan yang tepat, ubin keramik bisa membuat meja dapur terlihat sangat klasik dan tak kalah menarik dari material lainnya.

Keramik bisa dipasang pada meja dapur berbahan beton atau bata. Untuk tampilan dapur yang bersih dan terang, Anda bisa memasang keramik berwarna krem di atas kabinet dan meja island berwarna putih. Tak perlu takut kotor karena keramik sangat mudah dibersihkan, kecuali bagian garis nat-nya.

Desain Meja Dapur Elegan dari Kuarsa Buatan

https://www.kbbark.com/

Meja dapur dari kuarsa buatan memiliki permukaan yang lebih halus dan sangat awet. Hanya saja, warnanya terbatas pada warna putih dengan bintik-bintik kehitaman. Namun, jangan khawatir, motif ini justru membuat tampilan meja dapur Anda menjadi elegan dan berkelas.

Pilih tema putih untuk keseluruhan dapur Anda, mulai dinding, kabinet, lantai, hingga area backsplash. Kemudian, gunakan kuarsa buatan untuk menutup seluruh permukaan meja dapur, termasuk meja island. Letakkan tempat bumbu, vas bunga, dan jam dinding berwarna putih sebagai pemanis.

Desain Meja Dapur Higienis dari Porselen

https://www.asb.sk/

Apakah Anda termasuk orang yang sangat peduli pada kebersihan dan kesehatan anggota keluarga? Jika iya, tidak ada pilihan yang lebih baik selain desain meja dapur dari porselen. Terlebih lagi, tanpa banyak detail, meja dapur dari porselen sudah memberikan kesan mewah.

Gunakan porselen untuk menutup area kitchen set dan meja island yang juga bisa sekaligus difungsikan sebagai meja makan. Dengan variasi lis kabinet dan oven gas berbahan metal, meja dapur tampil makin berkelas. Beberapa vas kecil tanpa bunga bisa dimanfaatkan untuk membuat meja dapur lebih artistik.

Meja dapur porselen akan menghemat waktu di dapur karena bersifat antinoda, mudah dibersihkan, dan tahan terhadap zat kimia. Anda juga tak perlu cemas karena porselen tidak mudah tergores, awet, dan yang paling penting anti terhadap debu, bakteri, jamur, dan zat berbahaya lainnya.

Desain Meja Dapur Eksotis dari Soapstone

https://remodelista.com/

Pada area dapur yang cukup luas, penggunaan warna-warna gelap bukan masalah. Anda bisa menciptakan dapur yang eksotis dengan meja dapur dari bahan soapstone.

Dengan ciri khas permukaan yang halus dan berwarna abu-abu gelap, meja dapur tidak hanya tampil eksotis, tetapi juga tidak mudah kusam. Kabinet berwarna setingkat lebih gelap dari warna meja dapur akan menambah eksotisme dapur Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan sentuhan natural dengan menambahkan aksen kayu pada kusen jendela dan rak-rak penyimpanan yang tergantung di atas meja dapur.

Soal kebersihan tidak perlu dikhawatirkan karena material soapstone sangat tahan terhadap noda. Meski demikian, meja ini mudah retak dan sesekali, Anda perlu melakukan perawatan ekstra dengan mengolesi meja menggunakan minyak mineral.

Desain Meja Dapur Canggih dari Dekton

http://www.valleyfab.com/

Dekton adalah material terbaru dan paling mutakhir yang biasa digunakan untuk membuat permukaan meja dapur. Penampilan dekton sangat modern sehingga cocok untuk Anda yang ingin mewujudkan impian memiliki dapur yang canggih.

Anda bisa meletakkan meja dapur dekton berukuran besar di tengah dapur. Beberapa kompartemen di bagian bawah meja sudah memadai untuk menyimpan alat makan dan memasak. Lengkapi dengan kompor dan peralatan digital serta keran air dengan desain modern.

Meja dapur dari dekton tak hanya memukau, tetapi juga punya banyak keunggulan, yaitu kokoh, tahan terhadap noda, goresan, api, sinar UV, abrasi, dan suhu ekstrem. Namun, dengan berbagai kelebihan tersebut, harganya justru lebih ekonomis dibanding granit atau marmer.

Desain Meja Dapur Ramah Lingkungan dari Solid Surface

https://hgtv.com/

Pecinta lingkungan biasanya akan memilih dapur bertema natural dengan dominasi perabotan berbahan kayu. Nah, untuk melapisi meja dapurnya, Anda bisa menggunakan bahan solid surface yang selaras dengan gaya hidup ramah lingkungan karena merupakan produk hasil daur ulang.

Gunakan solid surface untuk melapisi bagian atas kitchen set dan meja island yang seluruhnya terbuat dari kayu. Pilihlah warna abu-abu muda agar memberikan efek kontras antara kesan natural dan modern dalam satu meja. Lantai kayu atau parket akan menyempurnakan dapur ramah lingkungan milik Anda.


Pemilihan material untuk meja dapur sangat berpengaruh terhadap fungsi dan tampilan dapur secara keseluruhan. Karena itulah, desain meja dapur harus dilakukan dengan cermat agar keberadaanya bisa mendukung tema dapur yang ingin ditonjolkan.

0