14 Inspirasi Keramik Meja Dapur yang Jadi Pilihan Terbaik

RPWN – Kini, membuat dapur seperti yang Anda idam-idamkan bukanlah perkara yang sulit. Selain membuat desain interior dapur yang menyenangkan, pemilihan perabotan di dalamnya juga bisa menjadi pertimbangan, salah satunya adalah keramik meja dapur.

Jika sudah menemukan yang pas, mungkin bisa membangkitkan mood Anda untuk melakukan aktivitas di dapur, seperti memasak. Jika melihat dapur saja rasanya sudah menyenangkan, otomatis Anda menjadi semangat untuk memasak.

Perabotan yang Anda pilih bisa menjadi elemen estetika yang membuat dapur Anda terlihat indah. Yuk, simak beberapa inspirasi keramik meja dapur di bawah ini!

Pola Papan Catur

Keramik Meja Dapur
https://www.publicdomainpictures.net/

Untuk Anda yang bosan dengan warna dapur yang terlalu polos, tetapi juga tidak ingin memberi kesan mencolok, Anda bisa memilih desain keramik dengan pola papan catur. Pola ini bisa menjadi alternatif juga bagi Anda yang merasa kurang bisa memadukan dua warna dengan apik.

Jika Anda bosan dengan warna hitam dan putih, Anda bisa menggantinya dengan kombinasi dua warna lain. Jika ingin membuat suasana dapur tampak lebih ceria dan tidak kaku, mungkin kombinasi warna putih dengan warna biru bisa jadi pilihan.

Yang patut menjadi perhatian, tidak sembarang dua warna dapat disatukan membentuk pola papan catur. Dua warna yang berbeda spektrum, seperti hijau dengan merah, tidak masuk dalam rekomendasi pemakaian.

Pilih dua warna yang saling mendukung dan masih berasal dari satu warna dasar. Misalnya, hijau dengan kuning dan semua warna turunannya. Alternatif teraman adalah dengan memilih satu warna netral yang memang cocok dipasangkan dengan semua tone.

Selain pemilihan warna, pemilihan ukuran keramik juga patut diperhatikan. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran meja dapur Anda.

Jika ukuran meja dapur Anda tergolong luas, pilihlah keramik berukuran sedang. Namun, jika meja dapur tidak terlalu besar, bisa gunakan keramik yang berukuran kecil. Pastikan pola papan catur yang dibuat sesuai dengan selera Anda, ya!

Keramik Mosaik

Keramik Meja Dapur
http://builderelements.com/

Inspirasi selanjutnya yang mungkin bisa menarik minat Anda adalah desain keramik mosaik. Ada banyak aksen mosaik yang bisa dipilih, ada yang membentuk suatu motif, simetris, atau dibuat saja dengan menerapkan pola gradasi warna.

Namun, jika Anda memiliki jiwa yang bebas dan ingin membuat meja dapur yang sesuai dengan diri Anda, pilih saja keramik dengan berbagai macam motif atau warna dan susun secara acak.

Selain pilihannya yang seakan tanpa batas karena sangat banyak, keuntungan lain dari mempertimbangkan mosaik sebagai meja dapur adalah tidak membosankan.

Karena mosaik tak akan terlihat aneh sekalipun dipasang dengan acak, Anda tak akan menemukan pola yang berulang yang dapat menimbulkan rasa jenuh.

Selain itu, Anda diuntungkan pula dalam hal perbaikan. Tak perlu repot mengganti seluruh keramik jika ada bagian yang rusak, karena Anda cukup memperbaiki area yang bermasalah saja..

Motif Meja Polos

Keramik Meja Dapur
https://sebringdesignbuild.com/

Memberi motif pada meja dapur tak harus selalu di bagian atas meja, di bagian samping bawah pun juga bisa. Buat bagian atas polos, dan pilih motif keramik untuk dipasang di bagian samping sesuai selera Anda.

Susunan keramik yang mengombinasikan dua warna atau lebih bisa menjadi pilihan. Kalau Anda suka dengan nuansa tradisional, ada juga motif keramik batik yang bisa Anda temukan di pasaran untuk dipasang di meja dapur Anda.

Namun, jika ingin nuansa yang lebih meyenangkan dan penuh warna, Anda bisa memilih motif keramik dengan warna-warna ceria.

Keramik Motif Batu Bata

Inspirasi Keramik Meja Dapur
https://id.pinterest.com

Masih menggunakan konsep yang sama seperti sebelumnya, Anda bisa membiarkan bagian atas meja terlihat polos. Agar tak membosankan, gunakan keramik dengan motif batu bata.

Pilihan warnanya juga bisa disesuaikan. Bisa memilih warna batu bata asli atau jika ingin yang lebih minimalis, gunakan warna netral, seperti putih atau abu-abu.

Sentuhan Hitam

Keramik Meja Dapur
https://id.pinterest.com

Kalau Anda ingin membuat desain dapur yang tak biasa, cobalah pilih keramik berwarna hitam untuk mejanya. Warna hitam juga dianggap sebagai warna yang tak gampang terlihat kotor.

Bisa jadi solusi untuk Anda yang mudah terganggu dengan noda-noda di dapur yang biasanya akan tampak mencolok pada keramik berwarna terang.

Anda tak perlu menggunakan warna hitam pada semua bagian meja. Gunakan saja pada bagian atas, untuk bagian samping dan bawah, kombinasikan warna lain yang sesuai dengan konsep dapur yang Anda inginkan.

Mengalir Tak Beraturan

Inspirasi Keramik Meja Dapur
http://hgtv.com/

Seperti cat yang mengalir tak beraturan, kiranya inilah hal yang bisa dilihat dari desain keramik meja dapur pada gambar. Bahannya sendiri dari marmer. Spesial, tentu saja, karena marmer dibanderol dengan harga yang cenderung mahal.

Lagipula, marmer memang material yang dingin. Walaupun cuaca sedang agak panas, marmer bisa memberikan rasa dingin. Aktivitas penuh api dan asap di dapur tentu bisa dinetralkan dengan hal ini.

Nah, motif seperti ini memberikan kemewahan pada dapur. Namun ingat, jangan berlebihan memberikan warna pada ornamen dan hal lain di dapur supaya desainnya tidak saling menabrak satu sama lain.

Kayu yang Bersahabat

Inspirasi Keramik Meja Dapur
http://jadeproductions.info/

Dapur tak sekadar menjadi tempat untuk memasak. Lebih dari itu, beberapa kali dapur juga dipakai untuk tempat mengobrol, berdiskusi, sekadar duduk-duduk, dan sebagainya. Ya, maka dari itu, dapur juga harus dijaga kebersihannya.

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan dapur adalah dengan memberikan bahan-bahan terbaik antikumuh. Dalam aplikasi untuk meja dapur, misalnya, dengan keramik model kayu atau bahkan dari kayu asli.

Motif kayu gelap memberikan kesan hangat, bersahabat, membuat siapa saja betah berada di dalam dapur. Anda juga, kan?

Kayu Modern

Keramik Meja Dapur
http://hgtv.com/

Sama-sama kayu, tetapi ada perbedaan antara kayu yang memberikan kesan modern dengan kayu yang memberikan kesan klasik. Tidak butuh banyak usaha untuk mengolah agar kayu nampak modern dan juga minimalis.

Seperti pada gambar di atas, meja dapur menggunakan kayu modern, dengan pernis yang tidak berlebihan dan cat yang tidak gelap. Kombinasikan dengan badan meja yang berwarna dongker, maka jadilah meja dapur khas Skandinavia.

Meja Marmer dan Kaca

Keramik Meja Dapur
https://sebringdesignbuild.com/

Ada berbagai macam jenis marmer. Salah satunya seperti yang bisa dilihat di atas adalah marmer dengan lapisan kaca. Marmer ini sangat berkilau, memberikan kesan bahwa meja dapur merefleksikan cahaya dan berbagai macam bayangan.

Supaya tidak terlihat menyilaukan, maka Anda bisa memilih untuk menggunakan marmer yang berwarna hitam. Karena lebih gelap, kesannya pun jadi lebih teduh. Dapur pun kini menjadi lebih mewah, bukan? Padukan dengan warna putih, akan sangat menawan.

Seperti dalam Es

Inspirasi Keramik Meja Dapur
https://sebringdesignbuild.com/

Banyak orang yang menyukai warna putih dan cenderung “main aman” dengan menggunakan warna putih. Pilihan itu tidak ada salahnya, lho. Pasalnya, warna ini memang warna yang minim risiko dan tidak akan terlihat kurang serasi.

Lihatlah meja dapur itu. Bukankah sangat cantik dan tidak berlebihan? Malah, sepertinya perabotan apa pun yang Anda pilih, akan sangat cocok untuk keramik marmer warna putih pada meja seperti layaknya yang bisa dilihat di gambar.

Stainless-Steel

Keramik Meja Dapur
https://decoratorist.com/

Inspirasi keramik memang menyenangkan. Namun, apabila Anda ingin bahan yang lebih tahan lama, tahan banting, dan bahkan tahan kotor, mengapa tidak menggunakan stainless steel? Bahan yang satu ini sudah tak perlu diragukan ketangguhannya.

Bahan stainless steel pada meja dapur tak akan membuat meja jadi terlihat buruk dan seolah seperti meja di restoran yang kumuh. Cukup gunakan meja kecil yang bisa diletakkan di tengah-tengah, ya, dan kombinasikan dengan elemen kayu pada kabinet.

Nuansa Korosif

Keramik Meja Dapur
https://sebringdesignbuild.com/

Bagaimana bisa sebuah meja dengan keramik marmer memberikan kesan rustic? Bisa saja, lho, apabila Anda mampu memadupadankannya dengan sangat baik, seperti contoh di atas. Meja dapur menggunakan permukaan marmer putih.

Sementara itu, rak dan juga kaki meja menggunakan kayu yang dicat dengan warna biru, tetapi tanpa pernis. Rustic, tetapi tidak kuno dan malah minimalis. Biru pun membuat dapur menjadi lebih bernuansa muda serta lebih segar.

Batang Kayu

Keramik Meja Dapur
https://sebringdesignbuild.com/

Desain kayu memang tidak ada habisnya mengejutkan penggemarnya. Contohlah seperti yang ada pada gambar di atas. Kayu tidak hanya dipotong bentuk persegi panjang layaknya meja dapur pada umumnya. Lebih unik lagi, bentuknya seperti separuh batang pohon.

Meskipun mengusung konsep alami, tetap saja harus menggunakan pernis untuk melapisi kayu tersebut, supaya tidak mudah kotor dan tentu saja terlihat lebih mengilap. Lihatlah betapa cantiknya gambar dapur yang ada di gambar, bukan?

Kayu Murni

Keramik Meja Dapur
http://www.nanobuffet.com/

Begitu mudahnya mengaplikasikan permukaan meja dapur ini. Permukaannya hanya berupa kayu yang tidak dipernis, tidak dicat, dan hanya dihaluskan. Murah, dan membuat dapur jadi cerah.

Cara Merawat Meja Dapur

Meja dapur yang menarik akan memberikan pengaruh positif, bukan? Namun, bukan hanya pemasangan, Anda juga harus merawat meja dapur dengan baik supaya tahan lama. Bagaimana metode perawatan dari meja dapur? Simak di sini.

1. Lihat Bahan

Tentu saja Anda harus melihat terbuat dari bahan apakah meja dapur yang Anda miliki? Apabila Anda memiliki bahan marmer, maka rawat dengan menggunakan cairan pembersih kaca.

Ini juga berlaku apabila Anda memiliki meja dari kaca atau keramik dan kayu yang dipernis. Bila kayu tidak dipernis, maka jangan bersihkan dengan pembersih kaca karena justru akan merusak.

2. Jangan Menekan Meja

Jangan menekan meja dapur, terutama apabila meja dapur tersebut terbuat dari kaca. Ini akan mempermudah kaca pada meja dapur pecah dan akan sulit untuk dibetulkan. Bisa-bisa, Anda wajib untuk melakukan renovasi ulang pada meja dapur.

3. Pahami Perbedaannya

Ada dua jenis meja untuk dapur. Yang pertama adalah meja dapur untuk area memasak. Sementara itu, yang kedua adalah kitchen island. Kitchen island merupakan tempat di dapur yang biasa dipakai untuk menaruh bahan atau area bersantap.

Nah, area untuk memasak sebaiknya tidak menggunakan keramik atau bahan yang rapuh. Pasalnya, di sana Anda akan lebih banyak beraktivitas dan tentu dengan aktivitas padat, maka daerah tersebut rentan rapuh.

Penggunaan elemen keramik pada dapur bisa menjadi solusi bagi Anda yang sering mengalami masalah kerusakan material dapur karena pergantian cuaca.

Keramik dikenal tahan terhadap cuaca sehingga cenderung awet. Nilai tambah lainnya adalah mudah dibersihkan, apalagi dapur merupakan bagian rumah yang mudah sekali kotor.


Kembali lagi, itulah beberapa inspirasi keramik meja dapur yang bisa Anda pilih. Adakah salah satu yang menarik minat Anda untuk dijadikan sebagai pilihan untuk membuat dapur Anda terlihat lebih indah?

0