17 Inspirasi Lemari Dapur Gantung untuk Dapur yang Menarik

RPWN – Dapur dapat dikatakan sebagai ruang utama keluarga. Di samping untuk memasak, dapur juga dapat menjadi tempat mengeratkan keakraban sambil menyiapkan hidangan. Agar suasana semakin menyenangkan, pilihan perabot seperti lemari dapur gantung perlu diperhatikan.

Lemari dapur memiliki banyak fungsi. Selain sebagai tempat penyimpanan peralatan dapur dan peralatan makan, lemari atau kabinet dapur juga mampu menjadikan dapur terlihat lebih menarik.

Terlebih, jika lemari gantung didesain selaras dengan tema dapur itu sendiri. Untuk pemilihan lemari gantung dapur, Anda perlu memperhatikan material, seperti kayu, papan multipleks, partikel, aluminium, atau stainless steel.

Perhatikan juga pemilihan model, warna, jumlah ruang, dan tentunya sesuaikan dengan bujet Anda. Berikut ini tujuh belas macam lemari dapur gantung yang dapat Anda pilih untuk dipasang pada dapur rumah Anda.

Lemari Dapur Gantung Terbuka

Desain Lemari Dapur Gantung
http://www.usaralphlaurenoutlet.com/

Lemari gantung di atas didesain dengan model terbuka di bagian tengah dan tertutup di bagian tepi kiri dan kanan. Bagian tengah dapat Anda gunakan untuk meletakkan barang pecah belah atau peralatan makan sehari-hari.

Sementara itu, bagian yang tertutup bisa dimanfaatkan untuk menyimpan bumbu-bumbu dan bahan kering, seperti gula, garam, teh, susu, dan kopi. Dengan penyangga besi berbentuk artistik, akan menambahkan kesan menarik pada lemari dapur Anda.

Lemari Gantung Kayu untuk Rak Piring

Lemari Dapur Gantung
https://renovasi-rumah.net/

Untuk dapur minimalis modern, Anda bisa menempatkan lemari kayu kecil yang difungsikan sebagai rak piring pada dinding. Anda juga dapat meletakkan beberapa barang pecah belah atau pun pajangan yang menarik pada lemari gantung mungil ini.

Desain lemari dapur gantung ini sangat cocok untuk dapur berukuran super mini atau dapur yang dirancang berada di sudut ruangan. Bisa juga untuk dapur yang berfungsi ganda sebagai ruang makan.

Lemari Gantung dengan Pintu Kaca

Lemari Dapur Gantung
https://bukalapak.com/

Lemari gantung dengan pintu kaca memberikan keleluasaan bagi Anda untuk menyimpan berbagai item berukuran kecil di dalamnya. Karena dilengkapi kaca, Anda dapat melihat bagian dalamnya dengan mudah.

Lemari dapur gantung di atas terbuat dari material aluminium dan kaca, sehingga tahan lama dan mudah dibersihkan.

Selain itu, material aluminium juga tidak mudah berkarat, tahan api, dan tidak memerlukan banyak perawatan. Lemari dapur tersebut adalah pilihan bijak untuk bujet yang terbatas.

Lemari Gantung Sudut Senada dengan Meja Dapur

Lemari Dapur Gantung
https://housepaper.net/

Mendesain meja dapur dan lemari gantungnya sekaligus akan menjadikan ruang dapur Anda tampak harmonis. Ukuran lemari gantung sudut disesuaikan dengan meja dapur, demikian juga dengan pemilihan material dan warnanya.

Lemari gantung menyudut terlihat elegan dengan warna hitam dan aksen perak pada pegangan dan tepi lemari.

Di bagian sudut, menggunakan pintu kaca sehingga bagian dalam terlihat dari luar. Bagian ini cocok untuk menempatkan barang pecah belah yang unik atau item lain yang kerap digunakan.

Lemari Gantung Tinggi Elegan

Desain Lemari Dapur Gantung
https://www.gavinfurniture.com/

Lemari gantung tinggi memberikan keleluasaan bagi Anda untuk meletakkan banyak barang. Bagian penyimpanan atas didesain tertutup, sedangkan bagian bawah dibuat terbuka dengan beberapa bagian menggunakan pintu kaca.

Pemilihan lemari dapur gantung ini sangat cocok untuk dapur dengan plafon yang tinggi. Tujuannya agar dinding bagian atas dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai ruang penyimpanan.

Lemari Dapur Gantung Putih Minimalis

Desain Lemari Dapur Gantung
https://makaan.com

Anda dapat meletakkan dua jenis lemari gantung dapur dalam satu ruangan. Pertama, lemari gantung model kabinet dengan pintu kaca dan kedua, lemari terbuka tanpa sekat.

Lemari gantung kabinet didesain dengan pintu kaca akan memberikan kesan bersih dan luas. Selain itu, barang-barang di dalamnya juga mudah terlihat dari luar.

Untuk rak yang terbuka, Anda bisa menempatkan tanaman dalam pot mungil, perlengkapan dapur berukuran kecil, dan beberapa item pajangan yang unik.

Lemari Dapur Gantung Melekat di Dinding

Lemari Dapur Gantung
https://juantorres.co/

Lemari gantung dari bahan logam seperti aluminium atau stainless steel mampu memberikan kesan modern pada dapur Anda. Lemari gantung di atas didesain dengan model seperti brankas dengan pintu yang futuristik.

Pintu tidak terbuka ke samping, melainkan ke atas. Lemari ini cocok untuk menempatkan barang-barang yang mudah pecah, seperti koleksi piring dan gelas yang khusus digunakan untuk acara-acara tertentu.

Lemari Dapur Gantung Simetris

Desain Lemari Dapur Gantung
https://www.kempercabinets.com/

Kabinet gantung di atas didesain sepasang untuk diletakkan di bagian kiri dan kanan pengisap asap. Hasilnya, susunan meja dapur, lemari gantung, dan perabotan lainnya tampak tertata rapi.

Lemari gantung menggunakan desain pintu kaca dengan pegangan di bagian ujung bawah. Meskipun posisinya cukup tinggi, Anda tetap dapat membukanya dari bawah.

Desain lemari ini memberikan keleluasaan kepada Anda untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil atau pun barang pecah belah di dalamnya.

Lemari Dapur Gantung Mewah dengan Pintu Kaca

Lemari Dapur Gantung
http://theydesign.net/

Lemari gantung berwarna putih dengan pintu kaca akan menambah kesan mewah pada dapur Anda. Bagian dalam kabinet terbagi menjadi bagian berukuran besar dan kecil.

Seperti pada gambar di atas, kabinet ini sangat sesuai untuk menempatkan peralatan makan yang unik dan mewah, seperti teko kristal atau gelas berkaki untuk pesta. Di samping itu, Anda juga dapat meletakkan dekorasi keramik kecil yang mungkin akan rusak jika diletakkan di luar.

Lemari Dapur Gantung Kayu di Tengah Ruangan

Desain Lemari Dapur Gantung
http://www.blogbeen.com/

Lemari dapur gantung di bagian tengah dapur sangat cocok untuk dapur yang berfungsi ganda sebagai tempat makan. Di dalam lemari, Anda dapat menempatkan peralatan makan, saus, atau pun bahan racikan minuman.

Dengan demikian, Anda pun mudah mengambilnya ketika mempersiapkan hidangan di meja saji. Sementara itu, bagian sisi belakang dapat diisi dengan meja dan kabinet dapur gantung yang tertutup.

Selain sebagai tempat penyimpanan, lemari gantung di bagian tengah juga dapat menjadi tempat meletakkan hiasan atau tanaman segar dalam pot mini.

Lemari Gantung Kayu untuk Dapur Kecil

Desain Lemari Dapur Gantung
https://vungtauoil.com/

Untuk dapur berukuran kecil, pilihan set kabinet dapur gantung simpel sangat tepat. Satu lemari dipasang di bagian sudut dapur, sementara dua lainnya ditempatkan di sebelah pengisap asap.

Lemari dapur gantung pun dibedakan dalam dua jenis desain, yaitu desain dengan pintu kayu seluruhnya dan desain pintu kaca dengan bingkai kayu. Lemari gantung dengan pintu kaca memberikan Anda keleluasaan untuk menyimpan barang yang sering digunakan.

Siapa pun yang memerlukan dapat menemukannya sendiri tanpa harus membuka semua pintu kabinet. Pilih warna kabinet yang senada dengan warna meja dapur untuk memberikan kesan serasi di ruang dapur Anda.

Lemari Gantung Dapur Unik untuk Dapur Minimalis

Desain Lemari Dapur Gantung
http://www.jscottinteriors.com/

Desain lemari gantung di atas memanfaatkan sudut ruangan secara maksimal. Kabinet di bagian sudut didesain menghadap ke sudut yang lain, sehingga ruang penyimpanan di dalamnya lebih luas.

Terdapat kabinet dengan bentuk memanjang ke samping, ada pula yang memanjang ke bawah. Di bagian sisi, dilengkapi dengan bagian terbuka berukuran kecil yang cocok untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti tempat merica, tempat saus, dan gula.

Dapat juga untuk meletakkan hiasan seperti keramik atau kristal yang unik. Bagian atas kulkas juga dimaksimalkan dengan penempatan lemari gantung dengan ukuran yang sesuai. Hasilnya, dapur Anda akan terlihat berbeda dari desain dapur biasa.

Lemari Dapur Gantung Terbuka Model Rak

Desain Lemari Dapur Gantung
https://lowes.com/

Lemari dapur gantung terbuka sangat cocok untuk dapur yang mengusung konsep modern minimalis. Rak gantung tanpa sekat dan tutup memungkinkan Anda untuk membersihkannya dengan mudah, begitu pula dengan barang-barang yang ada di dalamnya.

Namun, Anda harus memperhatikan kerapian dan estetika ketika menempatkan benda-benda pada rak, seperti piring, gelas, teko, dan mangkuk. Disusun dengan cermat, peralatan makan biasa bisa menjadi penghias dapur yang istimewa.

Lemari Dapur Gantung Merapat dengan Plafon

Desain Lemari Dapur Gantung
http://img.benimmulku.com/

Jika Anda memiliki dapur dengan plafon tinggi, tidak ada salahnya menambahkan lemari gantung yang merapat ke plafon di atas kabinet dapur yang sudah ada.

Lemari dari bahan kayu seperti gambar di atas dapat didesain terbuka untuk menempatkan benda-benda yang digunakan setiap hari atau barang-barang yang mudah pecah. Dengan menyimpan di tempat yang tinggi, benda-benda tersebut akan aman dan tidak mudah rusak.

Lemari Dapur Gantung Vertikal

Lemari Dapur Gantung
https://www.renovfurniture.com/

Lemari dapur gantung vertikal berukuran panjang 1,5 meter di atas sangat sesuai untuk dapur kecil yang menyatu dengan ruang makan. Biasanya, desain dapur demikian ada pada apartemen dengan desain minimalis.

Adanya lemari dapur gantung tinggi memungkinkan Anda menyimpan banyak barang di dalamnya, misalnya peralatan makan, bahan makanan kering, seperti mi instan, oat, dan beras, serta camilan.

Makanan yang tidak habis disantap juga bisa disimpan dalam wadah tertutup dan diletakkan di dalam lemari agar meja makan tidak terlihat penuh.

Lemari Dapur Gantung Mewah Minimalis

Desain Lemari Dapur Gantung
https://idearumahidaman.com/

Lemari dapur gantung minimalis berwarna putih mampu memberikan kesan modern dan mewah pada ruangan. Didesain dengan microwave oven menyatu, kabinet terlihat lebih ringkas dan menawan.

Lemari bagian bawah dilengkapi dengan pintu kaca, cocok untuk menyimpan item yang harus terlihat dari luar. Anda dapat menggunakan bagian tersebut untuk meletakkan porselen unik sebagai hiasan atau set peralatan makan yang kerap digunakan.

Sedangkan bagian atas berupa kabinet berukuran kecil berbentuk kotak. Dirancang dengan desain menyentuh plafon, ruangan bagian atas pun termanfaatkan secara optimal. Untuk menambah kesan glamor, Anda juga dapat menambahkan lampu LED di sudut bawah lemari.

Lemari Dapur Gantung untuk Dapur Bertema Klasik

Desain Lemari Dapur Gantung
pinterest.com

Lemari dapur gantung di atas didesain sederhana dengan papan yang menyekat bagian atas dinding. Meski tidak terlihat seperti lemari, fungsinya tidak jauh berbeda dengan kabinet dapur.

Anda dapat menyimpan berbagai barang, terutama yang berukuran kecil dan mudah pecah seperti stoples, botol kaca, dan hiasan dari keramik. Bagian bawah lemari atau rak kayu ini bisa dilengkapi dengan gantungan untuk menempatkan panci atau wajan kecil.

Desain ini pastinya sangat cocok untuk dapur berukuran mini bertema klasik atau tradisional. Dengan penataan barang yang teratur, dapur akan terlihat lebih menarik dan membuat Anda betah berada di dalamnya.


Demikian ulasan tentang inspirasi lemari dapur gantung untuk dapur yang minimalis, elegan, modern, dan klasik di rumah Anda. Semoga ulasan di atas dapat memunculkan ide lemari dapur yang sesuai untuk Anda.

0