fbpx

11 Cara Kreatif Menata Dapur Kecil Supaya Terkesan Lebih Lapang

RPWN – Area dapur terasa begitu sesak? Anda wajib mencoba cara menata dapur kecil supaya semua barang terorganisir dengan baik. Bukan sekedar rapi, Anda juga bisa menciptakan kesan lapang dengan beberapa cara berikut.

Menata dapur kecil agar terkesan lebih lapang perlu dieksekusi dengan perencanaan yang matang.

Mulai dari pengelolaan tata ruang, pemilihan kitchen set dan juga penggunaan perabotan tambahan untuk dapur perlu dipikirkan dengan seksama.

Selain minimnya ruangan yang tersedia, banyaknya perabotan dan juga barang-barang yang di letakkan didalamnya juga akan membuat dapur terlihat penuh dan sesak.

Nah, bagaimana cara menata dapur sempit sederhana agar terlihat rapi dan lapang? Simak rahasianya berikut ini:

Gunakan Kitchen Set Model Tinggi

Dapur Kecil

@Wolipop.com

Menata dapur kecil agar rapi bisa didapatkan dengan mudah, salah satunya adalah dengan pemilihan furniture yang tepat.

Untuk dapur mungil, sebaiknya Anda memilih furniture yang praktis dan fungsional. Serta menyediakan tempat penyimpanan yang besar.

Seperti pada dapur yang satu ini, penggunaan lemari kabinet dengan model tinggi tidak hanya terlihat rapi.

Tetapi juga menyediakan storage yang luas dan memungkinkan Anda untuk dapat menyimpan lebih banyak barang didalamnya.

Jika kabinet memiliki cukup ruang untuk menyimpan banyak barang, maka akan meminimalisir adanya perabotan yang disimpan di luar kabinet. Ini tentu akan menyelamatkan dapur dari kesan berantakan.

Gunakan Rak Tambahan Pada Lemari

Dapur Kecil

@Brilio.com

Penggunaan rak tambahan didalam lemari ternyata sangat fungsional dan menguntungkan, lho. Seperti pada lemari yang satu ini, penambahan rak-rak kawat yang diletakkan dibagian dalam lemari.

Akan memberikan tempat penyimpanan tambahan yang sekaligus membuat lemari menjadi berfungsi lebih optimal. Karena mampu menyimpan lebih banyak barang didalamnya.

Manfaatkan Dinding Untuk Memasang Gantungan Klip dan Magnet

Dapur Kecil

@Brilio.com

Jika Anda menggunakan dapur tanpa kitchen set, maka membuat tempat penyimpanan tambahan yang memanfaatkan area dinding rumah dapat menjadi pilihan yang tepat.

Menata dapur tanpa kitchen set agar tetap rapi dan cantik bukanlah hal yang sulit, asal ditangani dengan benar.

Daripada bingung menyimpan barang-barang dan peralatan dapur, mengapa tidak memanfaatkan dinding untuk menjadi tempat penyimpanan tambahan?

Dengan bantuan gantungan klip dan magnet, Anda dapat menyimpan beberapa peralatan. Mulai dari panci-panci kecil, sendok sayur, spatula, wisk hingga pisau.

Menggantung peralatan memasak pada dinding tidak hanya membantu ruang dapur terlihat lebih rapi, tetapi juga membuat Anda lebih mudah untuk menemukamnya ketika dibutuhkan.

Manfaatkan Area Bawah Wastafel

Dapur Kecil

@Idntimes.com

Daripada membiarkan area bawah wastafel kosong, mengapa tidak memanfaatkannya sebagai penyimpanan tambahan? Area bawah wastafel dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan beberapa barang-barang yang kurang estetis.

Mulai dari peralatan kebersihan seperti sabun, lap dapur, spons dan lainnya. Daripada disimpan diluar kabinet dan akan terkesan berantakan, pastinya akan lebih manis bila menggunakan tips penataan yang satu ini, ya?

Tambahkan Rak Dan Gantungan Logam

Dapur Kecil

@Wolipop.com

Menata dapur kecil sederhana agar tetap rapi dan cantik dapat disiasati dengan cara memanfaatkan area dinding dan counter top sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Salah satunya adalah dengan memasang rak dan gantungan logam pada area dinding.

Ditempat tersebut, Anda dapat meletakkan botol-botol bumbu serta peralatan dapur yang ditata rapi dengan bantuan gantungan klip.

Area counter top yang tersisa juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan beragam barang, lho. Asal ditata dengan ringkas dan terorganisir, maka menata dapur kecil agar rapi bukanlah suatu hal yang mustahil untuk dilakukan.

Sediakan Kabinet Khusus Untuk Menyimpan Panci

Menata Dapur Kecil

@Pinterest.com

Menyediakan kabinet khusus di bagian bawah meja dapur untuk menyimpan panci dan wajan, akan membuat dapur terlihat lebih rapi dan cantik.

Agar ruangan dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Anda dapat memasang rak-rak khusus yang dapat digunakan untuk panci-panci kecil agar dapat ditata dengan cara berderet rapi.

Sementara untuk panci yang berukuran besar, dapat ditata dengn cara bertumpuk. Dengan penataan yang baik dan terorganisir, maka meskipun kabinet tidak begitu besar tetapi dapat berfungsi dengan lebih optimal, lho.

Manfaatkan Area Samping Kulkas

Menata Dapur Kecil

@Brilio.com

Memasang rak-rak mungil pada area samping kulkas menjadi cara jitu untuk menyiasati dapur mungil dari kesan berantakan.

Rak kecil tersebut dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk menyimpan botol-botol bumbu, wadah kecap, dan peralatan-peralatan berukuran mungil lainnya.

Cara menata perlatan dapur yang baik salah satunya adalah dengan memanfaatkan storage secara maksimal.

Sehingga akan menyelamatkan dapur dari kesan berantaka, akibat banyaknya barang yang diletakkan secara sembarangan. Meskipun begitu, pastikan bobot isi raknya tidak terlalu berat, ya?

Manfaatkan Rak Sudut Meja Dengan Maksimal

Dapur Kecil

@Pinterest.com

Menata dapur kecil minimalis agar tetap rapi dan lapang dapat disiasati dengan penggunaan furniture yang tidak hanya ringkas dan praktis, tetapi juga fungsional. Salah satunya seperti kabinet dapur yang satu ini.

Memanfaatkan kabinet sudut seperti ini membuat seluruh bagian lemari dapat difungsikan secara optimal, ya? Area sudut dari kabinet dimanfaatkan untuk memasang 3 rak mungil bertingkat.

Yang mana, rak-rak kecil ini dapat digunakan untuk tempat menyimpan sendok, garpu, spatula dan juga perabotan dapur berukuran kecil yang lainnya. Nah, sangat praktis dan fungsional bukan?

Tambahkan Rak Kawat Untuk Tempat Bumbu

Dapur Kecil

@Pinterest.com

Bingung bagaimana menyimpan aneka bumbu dapur agar tetap terlihat rapi dan tidak berantakan? Daripada disimpan didalam kulkas dan membuatnya cepat lembab.

Anda dapat memanfaatkan rak-rak kawat seperti gambar diatas dan memasangnya pada dinding.

Rak-rak kawat ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan. Tidak hanya bawang merah dan bawang putih saja.

Berbagai macam bahan makanan seperti kentang, wortel, tomat dan bawamg bombay akan lebih awet ketika disimpan didalam keranjang terbuka. Dibandingkan dengan menyimpannya didalam kulkas, lho.

Gunakan Rak Ramping Yang Fungsional

Menata Dapur Kecil

@Pinterest.com

Menyelipkan rak mungil pada kabinet dapur seperti gambar diatas ternyata sangat fungsional.

Rak dengan model ramping yang memiliki 4 tingkatan ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan beragam botol kecil berisi bumbu yang ditata dengan rapi secara berderet.

Daripada disimpan pada lemari atau ditata pada area counter top, pastinya akan lebih praktis dan ringkas apabila memanfaatkan rak ramping seperti gambar diatas, ya?

Gunakan Lemari Serbaguna

Dapur Kecil

@Brilio.com

Menggunakan perabotan yang memiliki banyak fungsi sekaligus akan membantu Anda untuk menata dapur kecil agar lebih rapi.

Seperti salah satunya adalah tempat penyimpanan yang satu ini.Selain menyediakan rak yang cukup besar untuk menyimpan bahan makanan.

Bagian dalam dari pintu kabinet juga dipasangi dengan rak tambahan. Ini memungkinkan Anda untuk dapat menyimpan lebih banyak barang pada tempat tersebut, bukan?


Menata dapur kecil agar terlihat rapi dan lapang perlu dikonsepkan dengan matang bersama ahlinya. Tidak hanya memanfaatkan perabotan dan kitchen set saja, pengelolaan tata ruang yang baik juga berpengaruh besar agar dapur kecil terlihat rapi, lho.

Bersama Rupawon, hal tersebut akan ditangani oleh tenaga ahli yang telah berpengalaman. Anda akan dibantu mulai dari proses membuat desain, pemilihan model kitchen set hingga pembangunan dan pemasangannya. Jadi, untuk mewujukan desain dapur idaman, percayakan saja pada Rupawon.

Main Menu