12 Desain Ruang Dapur Sederhana yang Mempercantik Rumah Anda

RPWN – Dapur adalah jantung dari sebuah rumah karena di ruang inilah aktivitas memasak, menyiapkan masakan, dan bahkan menyantap hidangan bersama anggota keluarga terjadi. Maka, penting untuk mendekorasi ruang dapur sederhana Anda agar terasa istimewa.

Mungkin masih banyak orang yang beranggapan bahwa dapur yang sederhana tak perlu didekorasi. Sehingga, ruang ini pun dibiarkan polos begitu saja. Padahal, ada banyak cara mudah untuk membuat dapur terlihat lebih cantik dan menarik.

Tak punya ide untuk mendekorasi dapur Anda? Jangan khawatir, karena Anda berada di tempat yang tepat. Kumpulan desain untuk dapur sederhana di bawah ini akan membuat Anda ingin segera merombak dan mempercantik dapur Anda.

Warna Dominan Berasal dari Dua Warna yang Harmonis namun Relatif Kontras

Desain Ruang Dapur Sederhana
https://www.interdesain.com/

Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk mempercantik ruang dapur Anda adalah dengan mengaplikasikan dua warna utama yang mendominasi. Pilih salah satunya dari warna netral dan yang lainnya bisa warna favorit Anda.

Pemilihan dua warna yang cukup kontras namun tetap selaras ini cukup ampuh untuk mengatasi kejenuhan selama menghabiskan waktu di dapur. Terlebih lagi apabila memilih warna yang terang, seperti merah, hijau, kuning, atau biru.

Padukan dengan Unsur Natural

Desain Ruang Dapur Sederhana
https://arsitag.com

Secara naluriah, manusia memang selalu senang untuk mendapat sentuhan-sentuhan alam di dalam ruangan, baik dari tumbuhan maupun unsur kayu seperti gambar di atas.

Untuk mempertahankan atmosfer natural yang dimaksud, usahakan jangan memilih material kayu untuk semua perabot. Cukup sisakan beberapa saja supaya menghasilkan centre of attention yang kuat.

Namun, apabila material kayu adalah bahan perabot favorit Anda, bisa saja dicat atau diberi pelapis tambahan di bagian luar permukaannya. Tujuannya agar ruang dapur Anda memiliki wow factor yang memanjakan mata.

Beri Tanaman Hias agar Dapur Sederhana Anda Semakin Terasa Hidup

Ruang Dapur Sederhana
https://tulisanviral.info

Tak ada yang bisa menolak sensasi hijau yang segar sekaligus menenangkan dari tanaman hias hidup.

Terutama apabila rumah Anda tak memiliki banyak tambahan lahan untuk berkebun atau sekedar menghirup udara segar, cara ini bisa menjadi tips paling jitu untuk Anda menikmati suasana segar alam terbuka.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila Anda memasukkan tanaman ke dalam rumah. Pastikan Anda tak lupa untuk menyiraminya setiap hari dan memberi pupuk paling tidak sebulan sekali.

Beri alas di bawah pot agar sisa air yang ada tak mengotori lantai maupun perabot Anda yang lain. Kini, ada banyak model pot yang telah dilengkapi piring alas untuk menahan air. Cek secara berkala dan buanglah airnya apabila sudah terlalu penuh.

Faktor tempat juga penting untuk diperhatikan. Tanpa cahaya matahari yang cukup, tanaman Anda akan layu dan menguning. Oleh karena itu, sebaiknya terapkan tips ini hanya jika Anda memiliki celah masuknya sinar matahari ke dalam dapur.

Tanaman Artifisial: Cara Mudah, Praktis, dan Murah untuk Mendekorasi Ruangan

Desain Ruang Dapur Sederhana
https://brilio.net/

Menambahkan tanaman hidup untuk membuat suasana lebih asri memang menyenangkan. Akan tetapi, tidak semua orang sanggup untuk secara konsisten memelihara tanaman tersebut.

Menyiraminya setiap hari, sesekali dipupuk, dan ditempatkan di daerah yang terkena cahaya matahari yang cukup agar tidak layu terkadang menjadi pekerjaan yang membuat repot.

Belum lagi apabila ada sisa tanah dan air yang berjatuhan. Hal ini bisa membuat dapur jadi terlihat kotor dan memerlukan waktu tambahan untuk membersihkannya. Tak heran apabila tanaman hidup tak selamanya jadi alternatif yang baik.

Ganti saja tanaman asli dengan hiasan berbentuk tanaman artifisial yang tak kalah apik. Anda bisa membeli beberapa pot dengan bentuk dan warna yang berbeda-beda untuk memberi sentuhan warna hijau yang menyegarkan.

Satukan Dapur dan Ruang Makan dengan Menambahkan Kitchen Island

Desain Ruang Dapur Sederhana
https://brilio.net/

Apabila Anda senang mengikuti perkembangan desain dan tren dekorasi luar negeri, pasti Anda sudah tak asing lagi dengan istilah kitchen island. Ya, tambahan meja dan kursi di bagian tengah dapur dapat menyatukan dapur dengan ruang makan.

Penggabungan ini terasa sangat bermanfaat apabila rumah Anda tak tersedia ruang tambahan untuk ruang makan. Selain itu, Anda dapat meningkatkan fungsi dapur untuk tempat berkumpul anggota keluarga sembari sarapan atau makan malam.

Pilihlah meja dan kursi yang berukuran proporsional dengan dapur. Bagaimanapun juga, dapur adalah tempat memasak. Maka, jangan sampai meja makan ini justru mendominasi perabot dapur dan memberi kesan penuh sesak.

Beri Penerangan dengan Lampu Gantung yang Estetik

Desain Ruang Dapur Sederhana
http://home-designing.com/

Penerangan adalah salah satu faktor esensial yang harus diperhatikan. Pasalnya, cahaya dapat memberi perbedaan yang signifikan pada keseluruhan tampilan ruangan.

Anda dapat memberi beberapa lampu yang berbeda untuk tujuan yang berbeda pula. Misalnya, lampu utama di tengah ruangan adalah neon putih yang fungsinya untuk menerangi seluruh ruangan.

Sedangkan, lampu hias gantung (bisa menggunakan bohlam putih atau kuning) ditempatkan di atas kitchen island, mini bar, atau dekat kabinet untuk menerangi area tertentu. Sehingga, terciptalah atmosfer dramatis dari lampu tersebut.

Mini Bar untuk Ruangan yang Lebih Kasual dan Hangat

Desain Ruang Dapur Sederhana
https://id.pinterest.com

Apabila Anda kedatangan tamu saudara atau sahabat dekat, tak jarang mereka akan berkumpul di dapur sembari Anda memasak atau menyiapkan hidangan.

Dapur selalu identik dengan suasana yang santai dan akrab, maka tak heran apabila orang terdekat Anda lebih senang menghabiskan waktu di dapur daripada di ruang tamu yang terkesan lebih formal dan resmi.

Anda dapat menambahkan mini bar di dalam ruang dapur sederhana. Tak ada aturan bahwa mini bar tak cocok ditempatkan di ruang sederhana. Justru, ini dapat meningkatkan cita rasa seni Anda sekaligus membuatnya lebih elegan.

Tak perlu repot mendesain ulang atau menghabiskan banyak uang untuk membeli perabot baru. Anda bisa memiliki mini bar hanya dengan menyisihkan sedikit tempat di area kabinet atau meja dapur Anda, kemudian tambahkan kursi di sekitarnya.

Mini bar Anda sudah siap untuk digunakan!

Dekorasi Area Backsplash dengan Kaca atau Keramik

Desain Ruang Dapur Sederhana
https://pinterest.com

Meski terlihat seperti detail remeh yang tak terlalu penting, faktanya backsplash memiliki peranan penting untuk membuat area wastafel, kompor, dan kabinet Anda tetap bersih dari percikan air, minyak, atau bumbu dapur lainnya.

Namun, selain itu, backsplash dapat memberi aksen yang unik sekaligus membuat tampilan ruang dapur sederhana Anda terlihat lebih cantik.

Beberapa material bahkan memberi efek spesifik. Misalnya, cermin yang dapat membuat ruang sempit Anda terlihat lebih besar atau stainless steel yang mampu membuat ruangan terlihat lebih mengilap.

Apabila keseluruhan warna di ruang dapur Anda terbatas pada warna-warna monokrom, ini adalah kesempatan emas untuk mengeksplorasi ide desain dengan menambahkan corak atau warna-warna terang.

Jangan takut bermain warna dan motif, dan jadikan backsplash Anda menjadi area pusat perhatian bagi setiap tamu yang mengunjungi dapur Anda.

Selain untuk Jendela, Tirai Bermanfaat Juga untuk Menutupi Area yang Tak Ingin Dilihat Orang

Desain Ruang Dapur Sederhana
https://homebnc.com/

Tak jauh berbeda dengan ruang lainnya, pasti ada saja sudut-sudut tertentu di dapur yang tak ingin dilihat orang. Contohnya adalah tempat menaruh gas atau rak berisi panci dan wajan yang cenderung lebih sulit dirapikan.

Pilih tirai dengan warna yang sesuai dengan perabot dan cat dinding dapur Anda. Sedangkan untuk bahan kainnya, Anda bisa memilih yang tipis dan jatuh agar terlihat lebih flowy. Namun, pastikan jangan tembus pandang, ya!

Rak Gantung untuk Dapur yang Lebih Rapi dan Teratur

Desain Ruang Dapur Sederhana
https://id.pinterest.com

Tak peduli seberapa jago kemampuan Anda memasak atau menyiapkan hidangan, dapur pasti memiliki banyak barang pecah belah berukuran kecil yang memerlukan tempat tersendiri untuk disimpan rapi.

Apabila kabinet di bawah meja dapur Anda sudah terasa sesak dengan peralatan masak namun tak ada tambahan ruang lagi untuk menampung perabot baru, gantung saja rak penyimpanan seperti gambar di atas.

Tampilan dapur yang minimalis dan sederhana akan lebih cocok apabila Anda menggantung rak biasa tanpa ornamen berlebihan. Namun, apabila Anda tak ingin rak tersebut menjadi sarang debu, tambahkan saja penutup berbahan kaca bening.

Jadi, selain barang menjadi rapi dan teratur, debu dan kotoran pun tak akan masuk. Lebih higienis dan menghemat waktu karena tak perlu membersihkan sela-sela rak terlalu sering.

Perlu Suasana Ceria dan Hangat? Kuning adalah Jawabannya!

Desain Ruang Dapur Sederhana
https://www.thespruce.com/

Aktivitas memasak dan menyiapkan sarapan di pagi hari adalah hal yang sangat esensial untuk menentukan kualitas hari Anda. Jangan sampai Anda terjebak rutinitas di dapur dan merasa kehilangan semangat.

Sentuhan warna yang berbeda biasanya menjadi cara cukup ampuh untuk memberi suasana baru dan segar. Apalagi jika Anda memberi warna terang seperti kuning, semangat Anda akan seketika terisi penuh ketika menghabiskan waktu di dapur.

Tentu saja Anda tak harus mengecat semuanya dengan warna kuning yang justru akan membuat Anda merasa pusing dan mata tak nyaman. Cukup ubah warna kitchen set atau lemari kabinet di bawah.

Sebagai upaya menyeimbangkan keseluruhan perpaduan warna, tetap pertahankan warna putih atau krem di tembok maupun perabot selain yang telah diberi warna kuning. Tujuannya agar pencampuran warna tetap terlihat selaras dan menyatu.

Pemilihan Lantai Dapur yang Sesuai

Desain Ruang Dapur Sederhana
https://lebricoman.com

Lantai dapur bisa jadi adalah area yang tak terlalu menyedot perhatian Anda. Padahal, lantai adalah salah satu area paling luas yang sangat menentukan keseluruhan desain ruangan Anda.

Pilihlah material yang mudah dibersihkan, tidak licin, dan tak mudah rusak atau pecah. Jadi, lantai Anda tak hanya estetik namun juga aman. Apalagi, dapur adalah salah satu area yang sering ada tumpahan air atau minyak.

Ada banyak pilihan material yang bisa diaplikasikan, mulai dari keramik, batu alam, granit, marmer, hingga vinyl dengan nuansa kayu. Corak dan motif yang dipilih harus sesuai dengan keseluruhan ide desain ruangan agar tak terkesan “tabrak lari”.


Demikianlah dua belas ide ruang dapur sederhana cantik dan nyaman digunakan beraktivitas. Untuk menciptakan ruangan yang apik tak harus repot dan membuang banyak uang, kan? Jadi, tak ada lagi alasan dapur dibiarkan polos tak bercorak, ya!

0