13 Ide Dapur Terbuka Minimalis yang Murah, Mudah, dan Sederhana

RPWN – Keterbatasan ruangan membuat Anda perlu lebih memutar otak dalam merencanakan dapur. Namun, solusi termudah adalah dengan mengalokasikan area tertentu untuk membuat dapur terbuka minimalis.

Dapur terbuka umumnya tidak menggunakan ruangan khusus, hanya area seluas beberapa meter persegi yang memungkinkan Anda bisa menempatkan sejumlah komponen penting dari sebuah dapur. Aplikasinya bisa Anda simak pada beberapa contoh berikut ini.

Dapur Terbuka Bertema Rustic

Dapur Terbuka Minimalis
behance.net

Kalau pernah berkunjung ke sebuah kafe atau restoran dengan interior bertema industrial, pasti Anda cukup familier dengan model dapur pada gambar pertama ini. Dapur ini menerapkan tema serupa, hanya saja lebih sederhana.

Tema rustic tampak jelas melalui metode pemasangan lampu gantung yang menjuntai hingga beberapa puluh sentimenter di atas meja makan. Kabel-kabel dibiarkan terbuka, instalasinya menempel pada dinding dan langit-langit.

Secara keseluruhan, dapur ini memang menerapkan konsep minimalis. Terlihat dari pemilihan perabot yang efektif serta balutan warna monokrom yang menghiasi setiap komponen dapur.

Putih menjadi warna dasar untuk dinding dan perabot-perabot berukuran besar. Sementara, aksen tambahan warna hitam dipakai pada item pelengkap, perkakas dapur kecil, dan dekorasi lampunya. Ini membuat dapur tampak lebih bersih dan rapi.

Tampak Anggun dengan Elemen Alami

Ide Dapur Terbuka Minimalis
trendsideas.com

Masih pada bentuk dapur minimalis yang senada, yakni menggunakan aksen lampu gantung. Namun, dapur kedua ini tidak menerapkan dekorasi bergaya rustic yang maskulin, melainkan lebih memunculkan kesan anggun dan elegan.

Pilihan lampu gantung disesuaikan dengan konsep globalnya, yaitu memanfaatkan kombinasi permukaan keramik dan kayu. Sehingga bingkai hiasan lampu gantungnya pun memakai pilihan warna-warna kayu.

Lampu hias dipasang menggantung di atas meja pengolahan. Di sisi lain, tepatnya di meja makan, terdapat kursi stool kayu dan item dekoratif dari material keramik. Gaya dekorasi yang senada ditemukan pula di atas countertop pada area utama dapur.

Konsep Industrial yang Elegan

Ide Dapur Terbuka Minimalis
www.hotelresidencia.com

Menggabungkan konsep industrial di ruangan mewah, mengapa tidak? Anda bisa melihat gambar di atas dan mengetahui bahwa kombinasi antara keduanya menghasilkan tampilan dapur yang cukup atraktif.

Tema dasarnya adalah modern dan elegan. Menggunakan layout dapur model island, di mana area memasak berbentuk single-line, bersandar pada dinding utama ruangan. Sedangkan, meja makan ditempatkan mengambang di tengah.

Tampilan keseluruhan memakai paduan warna abu-abu muda dan gelap, diperoleh dari lapisan keramik dan batu granit yang menutupi permukaan meja makan dan kitchen set. Tambahan elemen dekorasi bergaya industrial membuat tampilan dapur makin atraktif.

Pertama, dari penggunaan kursi dingklik berbahan kayu dan logam, menjadi kontras dengan pilihan desain dan warna berbeda. Lalu, hiasan lampu gantung berbingkai lebar. Serta sejumlah vas-vas bunga kaca sebagai pemanis sekaligus penyegar suasana.

Gabungan antara Modern dan Klasik

Dapur Terbuka Minimalis
jmgbuilder.com

Salah satu cara membuat ruangan apa pun tampak elegan adalah melalui pemilihan warna dasar putih, kemudian memadukannya dengan elemen berbahan kayu. Bisa dipastikan ruangan akan terlihat mewah, bahkan meski dimensinya tak terlalu besar.

Seperti tampak pada gambar di atas, di mana warna putih mendominasi seluruh bagian dapur. Mulai dari dinding dan atap, kabinet, lampu, meja makan, sampai pernak-pernik hiasan pot bunga di atas meja makan dan countertop.

Warna dasar putih ini mendukung tampilan setiap elemen berbahan dasar kayu. Membuat tekstur dan motif kayu terlihat semakin nyata dan tegas. Tampak pada bangku, table top, dan counter top.

Secara keseluruhan, dapur model island ini berdesain modern. Dengan sedikit sentuhan gaya American pada kabinet dinding yang berpintu kaca. Dekorasi dibuat sederhana lewat penempatan lampu gantung dan beberapa pot tanaman hijau di area pengolahan.

Tema Semarak

Ide Dapur Terbuka Minimalis
pistoncars.com

Area dapur yang luas memberikan Anda banyak pilihan untuk mengaturnya sesuka hati. Anda bebas menempatkan banyak item di berbagai tempat, dengan tetap memperhatikan nilai-nilai estetika dari sebuah ruangan.

Pada gambar di atas, dapur dan ruang makan minimalis hanya memanfaatkan sedikit item, tetapi dengan pilihan ukuran cukup besar. Dinding yang luas diberi lukisan lebar, sedangkan lukisan berukuran kecil untuk dimensi dinding lebih sempit.

Pemanis ruangan, berupa pot dan vas tanaman hijau, ditempatkan di dua titik, yakni sudut ruangan dan countertop. Begitu pula dengan pilihan motif ubin di area makan dan area pengolahan utama. Ini menjadi kontras dari keseluruhan lantai kayu pada ruangan.

Ruangan ini terlihat semarak, tetapi tetap minimalis. Kesan itu timbul karena penempatan dua meja makan dengan set kursi yang berbeda. Persamaannya hanya terletak pada material pembuatnya, yaitu kayu, sesuai tema keseluruhan ruangan.

Minimalis Apa Adanya

Dapur Terbuka Minimalis
www.allstateloghomes.com

Apa adanya, tetapi bukan berarti seadanya. Dapur sudut bergaya modern ini menerapkan desain minimalis. Setiap detailnya memiliki ciri khas yang menonjol, berperan penting sebagai elemen fungsional sekaligus dekoratif.

Pertama-tama dari cat dinding hitam dan putih. Diikuti countertop siku-siku bermotif kayu, senada dengan rak ambalan vintage yang menempel di dinding hitam. Pilihan finishing kayu gelap dan mengilap, untuk menyesuaikan dengan warna dasar dinding.

Sementara, pintu kabinet dan laci dapur semuanya berwarna putih. Plus beberapa aksen perak yang berasal dari perangkat memasak, seperti pintu kompor, panggangan, serta lubang exhaust.

Gaya Modern yang Bersih

Dapur Terbuka Minimalis
www.fosterconcrete.net

Betapa mudahnya menerapkan dekorasi dapur terbuka minimalis. Bahkan, Anda mungkin tidak memerlukan bantuan seorang profesional untuk melakukannya. Apalagi kalau Anda yakin mempunyai taste tersendiri dalam hal estetika interior ruangan.

Cobalah perhatikan gambar di atas dengan saksama. Selain komponen-komponen utama dapur, apakah Anda dapat menemukan item khusus untuk memberikan sentuhan dekoratif pada ruangan ini?

Dapur ini hanya memanfaatkan segaris area pengolahan, lengkap dengan meja dan area penyimpanan pada kabinet dan lemari es. Tambahan nuansa segar lewat penggunaan vas bunga untuk hiasan meja dan pot tanaman sebagai pemanis ruangan.

Jika tertarik menerapkan model dapur terbuka macam ini, Anda harus memastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapiannya. Di sini, warna putih begitu mendominasi, sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan perawatannya.

Hitam tidak Selalu Identik dengan Gelap

Ide Dapur Terbuka Minimalis
https://www.corunaotorrino.com/

Dapur single-line dengan tambahan meja mini bar. Cocok untuk diterapkan pada ruang tengah apartemen yang berdimensi mungil. Tampaknya aneh jika warna hitam memenuhi sebuah ruangan. Namun, itu tidak terjadi pada dapur ini.

Dapur semiterbuka ini memanfaatkan warna hitam yang berfungsi sebagai kontras sekaligus penegas area. Karena terbuka, otomatis tidak ada kegelapan yang menyelimutinya. Apalagi telah terdapat penerangan pada setiap bagiannya.

Pencahayaan utama pada bagian tengah berasal dari lampu di langit-langit. Lalu, panel-panel lampu tambahan di sudut bawah kabinet atas. Serta, sepasang lampu gantung menerangi meja mini bar.

Ini pun tak sepenuhnya menggunakan warna hitam. Ada motif berbeda berwarna batu bata pada dinding pembatas dan permukaan countertop serta permukaan meja mini bar. Pilihan ini membuat dapur tampak maskulin sekaligus elegan.

Dapur Terbuka Minimalis Berdimensi Luas

Dapur Terbuka Minimalis
http://resolve40.com/

Dapur ini bergaya modern, terlihat dari penempatan unsur kayu dan logam, serta warna-warna polos pada setiap bagiannya. Memanfaatkan dimensi ruangan yang luas untuk membuat dapur sudut dengan meja makan island mengambang di bagian tengah.

Konsep ini akan cocok bagi Anda yang lebih suka beraktivitas di ruangan yang rapi. Pasalnya, Anda dapat menyimpan semua perkakas dapur di dalam kabinet yang semuanya berpintu. Jadi, tak ada satu pun perkakas dapur yang terlihat di luar.

Area dapur terbagi tiga. Yang pertama memanfaatkan panjang ruangan untuk menempatkan lemari es berbingkai kabinet dan meja dapur yang juga dilengkapi lemari penyimpanan di bagian bawahnya.

Area kedua adalah tempat memasak makanan, di mana terdapat kompor mewah dikelilingi meja dapur dan kabinet gantung. Sementara, area ketiga berupa meja makan bermotif kayu, dengan set bangku bergaya kontemporer dari bahan logam.

Dapur Terbuka Minimalis Kontemporer

Ide Dapur Terbuka Minimalis
https://homeideas.co/

Kali ini menerapkan layout dapur berbentuk huruf U. Meja dapur dan kabinet bermotif kayu gelap memenuhi dapur terbuka ini. Plus, rak tambahan melintang sejajar dengan dinding. Dan dua pasang kursi makan ditempatkan pada dua sisi lebarnya.

Tampilannya begitu mewah, pertama karena ukurannya yang cukup lebar. Kedua, lewat penempatan elemen dekoratif yang abstrak menempel pada dinding utama. Pada sudut terbawahnya terdapat lampu untuk menerangi aktivitas di meja memasak.

Dimensi ruangan yang luas, plus pengaturan interior yang tepat semakin membuat ruangan ini terasa lebih lapang. Pemilik rumah memilih motif dinding dan ubin yang sama, menyamarkan garis batas antara keduanya.

Dapur Terbuka Penuh Presisi

Ide Dapur Terbuka Minimalis
http://www.fosterconcrete.net/

Pemilik dapur ini mungkin saja adalah seorang perfeksionis. Betapa tidak, unsur utama pada dapur menggunakan panel-panel persegi panjang dengan lebar yang sama persis. Mulai dari pelapis dinding sampai meja memasak dan pintu-pintu kabinetnya.

Kalau Anda berniat melakukan hal serupa, desain dapur ini dapat dijadikan contoh. Dapur terbuka minimalis yang monokrom dengan pilihan dinding gelap dan meja pengolahan berwarna putih. Lengkap dengan meja santai yang juga bertema gelap.

Untuk memastikan pencahayaan maksimal, dapur sengaja ditempatkan di lokasi yang dikelilingi jendela kaca berukuran lebar. Plus, tambahan sejumlah lampu penerangan di atas meja pengolahan yang mencerahkan pandangan.

Nuansa Outdoor di Dalam Ruangan

Dapur Terbuka Minimalis
http://interiorgod.com/

Dapur ini cocok buat mereka yang terobsesi memiliki dapur terbuka di luar ruangan, tetapi terkendala karena masalah keterbatasan lahan. Konsep dapur terbuka minimalis yang satu ini menuangkan nuansa outdoor di dalam ruangan.

Masih dengan model single-line untuk ruang memasak dan meja makan island di tengah. Bertema industrial vintage, tampak dari penggunaan lampu gantung dan lemari es vintage, dinding bertekstur batu bata, serta bangku makan dan sepasang dingkliknya.

Warna dasarnya putih, tetapi dengan pilihan ubin dan dinding bermotif. Kitchen set berbalut warna senada dengan meja makan. Sementara, aksen-aksen polos terdapat pada dua sisi lebar dinding, permukaan rak, lemari es lawas, dan pintu ruangan.

Dapur Terbuka di Ruang Keluarga

Dapur Terbuka Minimalis
https://park-land.com.ua/

Contoh aplikasi dapur terbuka minimalis yang terakhir ini memanfaatkan ruang tengah atau ruang keluarga. Sudah pasti bahwa dimensinya cukup luas untuk menempatkan beberapa area di ruangan yang sama.

Setidaknya, ada tiga bagian di sini: area masak, area makan, dan tempat bersantai. Tema utamanya adalah kontemporer. Memanfaatkan dominasi warna kayu gelap pada kitchen set di dapur dan meja kursi di area makan.

Kabinet dipasang bersandar pada dinding, dilengkapi rak gantung untuk perkakas dapur. Di sudut ruangan terdapat jendela kaca siku-siku, sesuai dengan kontur dinding. Ini menjadi penerangan kala bersantap di area makan yang mengisi sudut ruangan.


Nah, itulah tadi beberapa contoh dapur yang bisa Anda terapkan di rumah. Tidak terbatas pada aplikasi di ruangan yang berdimensi besar. Beberapa desain dapat Anda jadikan contoh untuk membuat dapur terbuka minimalis di area yang relatif sempit.