9 Inspirasi Keramik Dapur Minimalis tuk Dapur Tercinta

RPWN – Sedang berpikir tentang renovasi dapur agar suasana terlihat lebih baik? Salah satu elemen penting yang wajib dipikirkan saat renovasi adalah keramik dapur minimalis. Ada banyak, lho, inspirasi keramik dapur yang memberikan kesan minimalis.

Keramik memang terletak di bawah. Namun, jangan salah. Keramik memegang peranan penting dalam mengubah nuansa dapur dan membuat dapur terlihat lebih menawan. Bahkan, penataan keramik yang buruk dapat membuat dapur terlihat kumuh.

Maka dari itu, mari simak, yuk, beberapa inspirasi keramik dapur minimalis yang bisa mengubah dapur Anda menjadi tempat yang menakjubkan dan membuat banyak orang – termasuk Anda – menjadi betah di dalamnya.

Keramik Lebah

Keramik Dapur Minimalis
https://www.digsdigs.com/

Lihat keramik di atas. Beberapa memang memberikan warna yang kusam. Seperti abu-abu misalnya. Seringkali, orang-orang mengasosiasikan warna seperti itu dengan warna dapur yang kuno dan tidak terawat, dan tidak banyak orang yang mau memilihnya.

Namun, ketika dibentuk dengan model rumah lebah dan dikombinasikan dengan warna lain, keramik ini rupanya jauh, lho, dari kesan kumuh. Bahkan, keramik ini juga terlihat minimalis dan juga chic. Membuat dapur jadi terlihat lebih sederhana.

Warna-warna berbeda pada keramik ini juga bisa dirata acak, atau secara beraturan: semua terserah Anda. Yang jelas, meskipun ditata secara acak, keramik ini akan terlihat tetap menarik karena desain bawaannya yang berupa segi enam atau heksagonal, serupa rumah lebah.

Bagaimana cara untuk membuat penataan keramik ini semakin terlihat berkelas? Anda bisa menggunakan tambahan lantai kayu untuk separuh bagian lantai pada dapur. Lantai ini terdiri atas ubin-ubin kayu dengan permukaan yang dibiarkan kasar.

Permukaan kasar ini memberikan kesan alami pada lantai kayu sehingga akan timbul kesan rustic. Tema korosif ini memang disukai karena memberikan nuansa berseni pada dapur.

Model Z

Keramik Dapur Minimalis
https://www.digsdigs.com/

Biasanya, lantai kayu dipasang secara sejajar. Namun, dalam gambar ini, lantai kayu dipasang dengan konsep huruf Z. Ini merupakan cara yang unik supaya lantai tidak monoton seperti metode pemasangan konvensional pada umumnya.

Lantai ini menggunakan warna yang cerah dan juga tidak menggunakan pernis yang terlalu tebal. Hal ini pun membuat lantai jadi terlihat lebih bersih dan berpengaruh pada kesan lapang yang ada di dapur Anda. Warna cerah membuat segala ruangan jadi terkesan luas.

Sementara itu, “noda-noda” asli pada kayu dibiarkan apa adanya, tidak berusaha ditutupi. Beberapa orang akan berpikir bahwa hal itu akan membuat lantai kayu terlihat kumuh, tetapi nyatanya tidak. Lantai kayu justru terlihat lebih korosif.

Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan perabotan yang berwarna cerah. Tenang saja, itu tidak akan membuat dapur terlihat terlalu silau. Dengan penataan yang tepat, dapur pun akan terlihat sangat menakjubkan dan mampu memberikan semangat baik.

Dalam contoh di atas, misalnya. Tidak masalah apabila Anda memakai kitchen set warna putih, misalnya, serta meja dan kursi dapur berwarna senada. Yang terpenting, pencahayaan di sana jangan sampai terlalu terang.

Lantai Marmer Hitam

Keramik Dapur Minimalis
http://kingfisher.com/

Marmer tidak pernah selesai menghadirkan kemewahan di mana saja, termasuk di lantai dapur, tentunya. Sementara lantai marmer putih memberikan nuansa yang mewah dan lapang, lantai marmer hitam memberikan kesan bold dan elegan.

Apa kelebihan dari marmer hitam? Marmer hitam tidak mudah terlihat kotor. Jadi, lantai pun akan jauh dari kesan kotor dan berdebu. Dapur pun akan selalu terlihat bersih dan tidak lekas kumuh. Bukankah ini merupakan sesuatu yang patut hadir di dapur?

Jika Anda menginginkan kesan yang intim dan hangat, Anda bisa menggunakan berbagai perabotan yang warnanya senada, seperti hitam atau cokelat gelap. Namun, memang hal ini akan membuat dapur menjadi terlihat lebih sempit.

Sementara itu, apabila Anda menginginkan kesan yang lebih lapang, Anda bisa menggunakan perabotan dengan warna yang lebih cerah, seperti putih, krem, atau bahkan warna kuning soft yang unik dan tentu saja chic.

Intinya, jangan merasa “terintimidasi” dengan marmer hitam. Pada dasarnya, keramik model ini mudah untuk dipasangkan dengan berbagai warna yang ada di dalam dapur.

Ubin Papan Catur

Inspirasi Keramik Dapur Minimalis
http://www.blogbeen.com/

Apa yang istimewa dari ubin yang satu ini? Ubin papan catur sebetulnya bisa dibuat dengan cara yang mudah: mengombinasikan ubin warna putih dengan warna hitam. Pasangkan keduanya secara berselang-seling dan kini Anda memiliki ubin papan catur menawan.

Kesan yang ditimbulkan dari ubin papan catur adalah kesan retro, seolah Anda kembali pada tahun 1970-an yang dipenuhi dengan kebebasan dan juga jiwa-jiwa yang berseni. Tambahkan warna cerah pada perabotan dapur seperti merah atau kuning.

Namun, jangan terlalu berani melakukan proses tabrak warna apabila Anda sudah memasang ubin hitam-putih pada lantai. Karena, alih-alih terlihat retro, terlalu berlebihan justru akan membuat warna dapur menjadi memusingkan dan kurang serasi.

Tentu Anda tak mau itu terjadi, bukan? Nah, jika Anda ingin memperkuat kesan minimalis, Anda bisa menggunakan pilihan perabotan dengan warna netral seperti putih.

Keramik Mosaik

Inspirasi Keramik Dapur Minimalis
http://made-in-china.com/

Keramik mosaik biasa digunakan pada backsplash alias area masak pada dapur. Namun, tidak masalah apabila Anda berniat untuk mengaplikasikannya pada keramik lantai dapur. Mosaik membuat lantai terlihat lebih unik dan playful.

Biasanya, keramik model mosaik yang dipasang di lantai adalah keramik mosaik dengan permukaan matte yang membuat kesan cerah dan juga netral, sehingga keramik bisa disandingkan dengan berbagai macam warna peralatan dapur.

Namun, Anda tak perlu takut buat memberikan warna-warna cerah dalam pemilihan keramik mosaik dapur. Misalnya, keramik dengan warna coral, tosca, bahkan emerald bercampur dengan emas. Ini akan memberikan sentuhan kemewahan.

Hanya saja, apabila Anda memutuskan untuk menggunakan keramik mosaik yang cerah dan glossy, sebaiknya sesuaikan perabot dengan keramik itu. Jangan sampai warna perabot terlihat berlebihan dan mencolok.

Lebih baik, seimbangkan dengan perabot yang memiliki warna netral seperti putih, pastel, atau warna-warna tanah yang lembut dan tentu saja, matte.

Kayu Warna Gelap

Inspirasi Keramik Dapur Minimalis
http://homesfeed.com/

Tentu tidak ada yang bisa menolak pesona dari lantai kayu berwarna gelap. Lantai yang satu ini memberikan kesan yang sangat kuat, menawan, serta mewah. Tak mengherankan memang bahwa rumah-rumah yang berharga mahal biasanya menggunakan lantai ini.

Harus diakui bahwa lantai kayu gelap dengan pernis tebal ini memang mahal. Apa alasannya? Yang pertama tentu adalah karena penampilannya yang sangat elegan. Siapa yang tidak ingin membeli kelas? Semua orang dengan uang pasti mau.

Kedua, lantai kayu gelap ini punya permukaan dingin. Ya, meskipun warnanya gelap, tetapi apabila Anda menapakkan kaki di atasnya, Anda akan merasakan sensasi yang sejuk, tetapi tidak terlalu dingin layaknya marmer.

Ketiga, lantai kayu tidak mudah rusak dan pecah. Bayangkan apabila Anda menggunakan lantai ubin standar, misalnya. Tentu lantai itu akan mudah pecah saat kejatuhan barang. Namun, hal itu tidak akan terjadi saat Anda menggunakan lantai kayu.

Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, lantai kayu ini sangat serasi saat disandingkan dengan perabot warna putih. Perabot warna putih dapat menyeimbangkan warna lantai kayu yang gelap dan membuat dapur menjadi terlihat seimbang.

Namun tidak masalah, kok, apabila Anda menggunakan perabot hitam. Anda tetap bisa menampilkan kesan yang elegan. Hanya saja, nantinya dapur akan terlihat lebih sempit, karena gelap membuat ruangan jadi sempit.

Sentuhan Dandelion

Keramik Dapur Minimalis
https://renovasi-rumah.net/

Biasanya, motif kembang berpola ditemukan hanya pada bagian dinding dapur. Namun, tidak masalah, lho, apabila Anda menggunakannya pada keramik lantai seperti yang bisa dilihat pada contoh di atas. Dapur pun bisa menjadi sesuatu yang amat menarik.

Motif bunga dandelion pada keramik dapur memberikan aksen khusus pada dapur sehingga tidak terasa sepi.

Meski begitu, ada satu hal yang wajib Anda perhatikan apabila Anda memutuskan untuk memilih keramik jenis ini, yakni Anda harus menyeimbangkan dengan perabot dapur yang warnanya netral.

Konvensional adalah Kuncinya

Inspirasi Keramik Dapur Minimalis
https://fimell.com/

Mari kembali ke cara konvensional. Hmm, bagaimana caranya? Tentu saja dengan keramik porselen putih yang berpermukaan glossy. Keramik ini amat sangat banyak dipakai oleh orang-orang di mana-mana. Itu sebabnya, keramik ini juga mudah untuk ditemukan.

Keramik glossy memberikan kesan yang mewah, tetapi tidak berlebihan. Keramik glossy juga kelebihannya adalah tidak mudah kotor dan mudah untuk dibersihkan. Jadi, tentu ini merupakan sesuatu yang amat dibutuhkan oleh dapur, bukan?

Pasalnya, dapur akan selalu mudah kotor akibat bahan masakan yang jatuh dan juga harus selalu dipel setiap saat. Lagipula, keramik porselen glossy ini mudah untuk dipasang dan harganya juga cenderung terjangkau.

Kelebihan lainnya adalah keramik porselen dapat menawarkan Anda pilihan yang banyak seakan tanpa batas, terutama dalam hal warna dan ukuran. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan pemasangannya dengan konsep skala menyeluruh pada dapur Anda.

Keramik Marmer Kombinasi

Inspirasi Keramik Dapur Minimalis
http://desaininterior.me/

Lihatlah keramik marmer kombinasi ini. Sulit untuk tidak jatuh cinta padanya. Pasalnya, keramik marmer kombinasi ini memberikan aksen yang begitu mewah, bersih, dan berkelas.

Keramik-keramik ini disusun sedemikian rupa sehingga membentuk desain bak pigura yang membuat dapur seolah terpusat.

Nah, mengingat motif keramik ini sudah cukup ramai, tak masalah apabila Anda menggunakan perabot yang lebih monoton seperti perabot putih, misalnya.

Dalam dapur jenis ini, sebaiknya Anda tidak menggunakan perabot yang terlalu glossy alias berkilau dan berwarna-warni. Karena, alih-alih indah, justru akan menjadi sangat tidak serasi.

Namun, Anda bisa menambahkan aksen seperti lampu dapur yang bernuansa klasik khas abad pertengahan. Ini tentu akan menjadi sesuatu yang menarik dan membuat dapur jadi mewah.

Bagaimana? Tidak sulit, bukan, untuk jatuh cinta kepada keramik-keramik dapur di atas? Sebetulnya penerapannya kepada dapur Anda akan sangat mudah, tetapi tentu sebelumnya desainnya harus direncanakan terlebih dahulu.

Perencanaan desain yang baik akan membuat dapur menjadi lebih sesuai dengan keinginan Anda dan tentu saja akan mengurangi risiko bengkaknya bujet akibat kurangnya perencanaan di awal.


Yang jelas, keramik dapur yang indah tentu wajib ditunjang dengan perabot lain yang juga satu tema atau memiliki kesesuaian sehingga tidak akan bertabrakan. Nah, mana keramik dapur minimalis favorit Anda?

0