8 Keramik Dinding Dapur Terbaik untuk Dapur Kering

RPWN – Apa yang Anda pikirkan mengenai dapur dan keramik dinding dapur? Apakah itu sekadar sebagai tempat untuk memasak? Tentu saja pemikiran tersebut tidak salah.

Memang dapur pada dasarnya adalah tempat untuk memasak dan keramik dapur biasanya tidak sebagus keramik untuk ruang utama atau bahkan untuk ruang tidur.

Namun, tidak salah, lho, apabila Anda menggunakan dapur lebih dari sekadar tempat untuk memasak. Meski begitu, supaya hal ini bisa terwujud dengan baik, Anda harus mendesain dapur dengan baik pula.

Pada dasarnya, ada dua jenis dapur. Yang pertama adalah dapur basah dan yang kedua adalah dapur kering. Dapur basah adalah dapur yang cenderung becek dan “kotor”.

Biasanya, dapur basah dipakai buat memasak dalam skala besar. Maka, dapur ini sangat lembab, dan dipenuhi oleh banyak bahan masakan dan juga tidak terlalu rapi.

Sementara itu, dapur kering adalah jenis dapur yang biasanya tak dipakai untuk aktivitas masak berat. Maka dari itu, dapur kering ini cenderung bersih dan tidak becek.

Nah, kalau Anda mau mencari desain keramik dinding dapur buat rumah modern, mengaculah pada konsep dapur kering. Berikut beberapa inspirasi keramik dinding dapur buat dapur kering.

Desain Modern dan Chic

Ide Keramik Dinding Dapur
http://homedecorideas.uk/

Ini dapur, ruang kerja, atau ruang makan? Dapur ini bisa menjadi apa saja yang Anda inginkan. Mau memasak? Ada set dapur yang memuat kompor dan juga peralatan masak lain.

Mau bekerja? Anda bisa duduk di meja dapur kemudian melakukan pekerjaan Anda dengan sangat nyaman. Ada pula jam dinding bentuk jarum tanpa frame yang bisa menunjukkan waktu.

Dinding dapur sendiri menggunakan keramik dengan desain berbeda-beda, tetapi warnanya satu nada: abu-abu. Ini menonjolkan kesan dapur minimalis dan juga chic dengan sangat baik.

Keramik-keramik berbeda desain tersebut terlihat seperti diinstal dengan random, padahal sejatinya mereka dipasang dengan pola tertentu, baik secara vertikal maupun horizontal.

Cermati saja baik-baik, Anda akan mendapati keramik dengan desain yang sama dipasang setiap beberapa blok.

Dinding dapur ini memegang peranan penting untuk menjadikan dapur ini terlihat artsy. Tanpa keberadaan dinding dapur dengan motif-motif variatif tersebut, maka ruangan tidak akan sebagus ini.

Di samping itu, jam dinding bergaya kontemporer turut memperkuat kesan artistik yang diusung keramik-keramik pada dinding aksen tersebut.

Jangan lupa untuk menambahkan sebuah pintu kaca yang mengizinkan cahaya dalam jumlah besar masuk ke dalam ruangan. Ruangan pun jadi lebih lapang dan lebih menyenangkan.

Mosaik Abu-Abu

Ide Keramik Dinding Dapur
http://blog.access.ly

Layaknya contoh pada nomor sebelumnya, warna abu-abu merupakan warna yang amat seksi, menawan, sekaligus menampilkan kesan modern dengan cara yang sangat menarik dan elegan.

Anda bisa melihatnya pada contoh di atas. Dinding dapur menggunakan keramik mosaik persegi empat yang sangat kecil dengan gradasi warna abu-abu hingga putih keabu-abuan.

Hasilnya? Ruangan pun terlihat sangat elegan dan juga lebih modern. Ini membawa perubahan besar dalam ruangan Anda dan Anda tidak memerlukan apa pun lagi untuk mendekorasi rumah.

Mosaik abu-abu ini juga sangat menawan, karena merefleksikan cahaya yang diterima dan membuat dinding dapur menjadi berkilau serta terlihat bersih dan bersinar.

Kelebihan lain dari mosaik abu-abu gradasi ini adalah dinding dapur tidak akan mudah kotor. Biasanya, dinding dapur rentan kotor karena cipratan masakan. Karena permukaannya glossy, maka dinding dapur ini mudah dibersihkan.

Selain dari warna, impresi modernism juga tentu saja disumbangkan dari peralatan-peralatan memasak yang canggih dan kekinian, seperti kompor elektrik di atas meja island, satu set oven, dan microwave.

Pemasangan lampu downlight yang tersembunyi juga menambah kesan mengikuti tren, karena konsep tradisional dan klasik tak menggunakan penerangan bermodel seperti ini.

Keramik Persegi Putih

Ide Keramik Dinding Dapur
http://home-designing.com/

Menginginkan kesan dapur yang sederhana? Mengapa Anda tidak menggunakan inspirasi keramik dapur yang berwarna putih seperti yang bisa dilihat pada gambar ini?

Keramik dapur putih biasanya kurang menjadi pilihan karena desainnya dianggap monoton. Biasanya, keramik jenis ini digunakan untuk ruangan seperti kamar mandi, misalnya.

Namun, tidak ada salahnya, lho, menggunakan keramik warna putih berbentuk persegi untuk dapur Anda. Lihatlah inspirasi di atas, dan coba tanyakan kepada diri Anda, apa yang Anda pikirkan?

Alih-alih terlihat kurang serasi, atau bahkan membosankan, inspirasi keramik dinding dapur di atas justru malah terlihat sangat minimalis dan kekinian. Sangat mengusung konsep modernitas.

Kombinasikan pilihan dinding dapur ini dengan lantai yang warnanya netral seperti kayu warna cokelat, misalnya. Kemudian, pilih kitchen set yang warnanya netral atau modern seperti biru dongker.

Mosaik Cokelat

Ide Keramik Dinding Dapur
https://hgtv.com/

Ada dua warna yang menjadi favorit orang saat ingin main aman. Yang pertama adalah warna putih. Karena netral, maka warna putih ini menjadi warna yang mudah dikombinasikan dengan warna lain.

Yang kedua adalah warna cokelat dan variasinya. Warna cokelat dianggap sebagai warna yang mampu memberikan kesan hangat dan juga mudah dikombinasikan dengan warna-warna lainnya.

Nah, contoh di atas merupakan contoh penggunaan warna cokelat pada dinding keramik dapur. Warna cokelat hadir pada keramik mosaik persegi panjang yang berukuran sangat kecil.

Warnanya pun beragam. Ada warna cokelat gelap. Ada warna cokelat terang. Ada warna krem. Ada pula broken white yang senada dengan warna-warna yang sudah disebutkan sebelumnya.

Mosaik-mosaik cokelat pada dinding dapur ini membuat dapur menjadi terlihat lebih elegan dan juga berkesan hangat. Sungguh dapur yang cocok untuk acara kumpul keluarga.

Batuan Alam

Keramik Dinding Dapur
https://hgtv.com/

Batuan alam balok adalah favorit banyak orang, dan hal ini mungkin berlaku untuk Anda. Batuan alam tidak hanya mudah dipasang serta tidak membutuhkan cat. Lebih dari itu, material ini juga cantik.

Batuan alam membuat sebuah ruangan menjadi terlihat cantik dan juga lebih mewah. Maka, tidak mengherankan kalau bagian depan rumah juga sering menggunakan batuan jenis ini.

Bagaimana dengan dapur? Ya, Anda juga bisa, lho, menggunakan batuan alam ini untuk dapur. Contohnya pada dinding. Tentu tidak perlu semua dinding Anda lapisi dengan batuan alam.

Terlalu banyak menggunakan batuan alam juga tentu tak menyenangkan dan akan membuat dapur terkesan gelap (selain karena harganya pun juga agak mahal dan menguras bujet).

Gunakan saja batuan alam ini di tempat seperti backplash, misalnya sudut dinding di dekat oven atau malah di meja dapur. Contoh di atas, pada backsplash, batuan alam terlihat menarik dengan kombinasi kitchen set putih.

Keramik Hijau Berkilau

Keramik Dinding Dapur
http://geappliances.com/

Warna hijau memang bukan favorit semua orang. Namun, warna hijau tentu selalu memberikan pengaruh tertentu kepada perasaan Anda. Ya, dalam psikologi warna, ada kesan tertentu yang dipengaruhi oleh warna-warna spesifik.

Warna hijau, misalnya, merupakan warna yang memberikan kesan tenang, kalem, dan menyegarkan. Itulah alasan mengapa warna yang satu ini sangat layak buat hadir di dapur Anda.

Seperti contoh di atas, misalnya. Keramik persegi panjang standar dengan warna hijau muda membuat dapur menjadi terlihat segar. Keramik itu diletakkan di bagian dinding dapur dekat area masak.

Warna itu amat cocok dipadukan dengan kitchen set dengan dominasi warna hitam. Anda juga bisa menggunakan oven dan kulkas yang terbuat dari stainless-steel.

Batuan Alami

Ide Keramik Dinding Dapur
http://hgtv.com/

Lagi, batuan alam cocok diterapkan pada dapur. Lihatlah pada contoh di atas. Batuan alam ini berbentuk serpihan yang tidak beraturan dan diletakkan pada dinding dekat dapur.

Batuan alam ini selalu jadi favorit bagi banyak orang sejak dahulu. Walaupun zaman berubah, batuan alam semacam ini tidak pernah ketinggalan zaman bahkan selalu bisa mengikuti tren.

Dapur di atas menggunakan konsep minimalis dengan kombinasi warna broken white, baik pada bagian meja, kabinet, maupun juga kitchen set. Warna itu sangat cantik saat dikombinasikan dengan dinding batuan alam dan juga lantai kayu.

Sementara itu, lantai sendiri menggunakan lantai kayu dengan warna muda. Lantai kayu tersebut sudah dipernis sedemikian rupa dan pada akhirnya menimbulkan kesan kilau menarik.

Kombinasi Keramik

Ide Keramik Dinding Dapur
http://www.tilemountain.co.uk/

Dari jauh, ide keramik ini seolah terlihat seperti air yang mengalir jatuh. Padahal, sebenarnya, ini merupakan mosaik yang terbuat dari keramik dan menggunakan gradasi abu-abu dan hitam.

Mosaik memang tak pernah berhenti mengejutkan penggunanya. Karena ukurannya kecil, maka mosaik bisa menjadi bentuk apa saja dan bisa dijadikan gradasi warna macam-macam.

Mosaik keramik ini bisa juga dikombinasikan dengan model keramik persegi panjang yang berwarna abu-abu dan juga putih tulang. Selama kitchen set menggunakan warna putih atau netral lain, maka tidak ada masalah.

Anda bisa menambahkan exhaust dengan warna yang senada, seperti misalnya warna hitam atau warna gelap. Nah, apa, sih, fungsi exhaust seperti yang terlihat di atas itu?

Exhaust berfungsi dalam mengatasi aroma tidak sedap dan asap bekas masak atau pembakaran lain di dapur dengan cara mengisap dan membuangnya keluar. Nah, cerobong ini juga suka dilengkapi dengan lampu yang membuat proses masak jadi lebih mudah.

Untuk keramik, exhaust dapat menjaganya supaya keramik tidak mudah kusam akibat asap yang terlalu lama terperangkap di dalam dapur.

Memang, pemasangan exhaust besar seperti pada gambar di atas cukup mahal. Namun, tidak masalah karena fungsinya sangat baik, bukan? Anda tidak akan menyesal, kok, memasang exhaust semacam ini di rumah Anda sendiri.

Ada banyak pilihan dinding dapur yang menarik dan dapat membuat dapur Anda menjadi begitu menawan. Apabila Anda berniat membangun dapur dari awal, maka yang pertama kali dipersiapkan dan dikerjakan adalah dinding dapur.

Namun, apabila Anda mau berniat untuk merenovasi dinding dapur, sebaiknya tutupi perlengkapan lain, seperti misalnya kitchen set, oven, dan juga lemari. Ini penting agar peralatan lainnya tidak rusak.

Persiapkan dinding dapur sesuai dengan tema yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda menginginkan tema minimalis, gunakan dinding dapur yang juga tidak terlalu ramai. Hindari model mosaik, misalnya.

Apabila Anda menginginkan kesan yang lebih meriah, maka gunakan keramik dinding mosaik atau malah motif lain yang memang lebih ramai. Meski begitu, sesuaikan dengan tema perabot lain di dapur.


Nah, sekarang tentunya Anda lebih paham mengenai keramik dinding mosaik dapur mana yang cocok dan sesuai buat Anda. Pilihlah yang terbaik dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki, ya.

0