8 Pilihan Keramik Lantai Dapur tuk Ruang Masak Lebih Hidup

RPWN – Memilih keramik lantai dapur terkadang bisa jadi hal yang sulit dan tricky. Pasalnya, ada banyak keramik atau bahan lantai lain yang bagus, tetapi nyatanya tidak bagus saat diaplikasikan ke dalam dapur Anda.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Pertama adalah karena keramik itu tidak memiliki bahan yang kuat. Maka, keramik itu akan mudah kumuh atau bahkan mudah untuk pecah dan tergores.

Kedua, keramik tersebut tidak cocok untuk tema dapur Anda. Ya, padu padan yang kurang sesuai tentu memunculkan impresi yang kurang menarik. Misalnya, ketidaksesuaian warna antarelemen.

Ketiga, pola pemasangan yang tidak bagus. Beberapa orang memutuskan untuk mengombinasikan jenis dan warna flooring, tetapi pada akhirnya malah kombinasi itu tidak bagus dan gagal total.

Anda tentu tak mau, bukan, hal ini terjadi pada Anda? Yuk, mari simak berbagai inspirasi keramik lantai dapur yang menarik dan tentu saja bisa membuat dapur terlihat lebih menawan dan membawa aura positif saat masak.

Keramik Klasik

Keramik Lantai Dapur
http://www.tileideaz.com/

Keramik dengan desain di atas biasanya digunakan untuk beberapa kebutuhan di rumah. Pertama adalah untuk kebutuhan desain dinding yang memang menggunakan keramik.

Kedua, untuk hiasan teras samping. Ini akan membuat rumah jadi lebih berseni dan tentu saja tidak membosankan. Ketiga, untuk desain ruang depan, menyambut tamu dengan sebuah konsep menarik.

Keempat, untuk patio. Apa itu patio? Orang Indonesia mungkin agak asing dengan konsep ini. Namun, pada dasarnya, patio sendiri merupakan sebuah ruang di luar yang biasa digunakan untuk berkumpul.

Namun, tidak masalah, lho, menjadikan motif keramik di atas untuk dapur. Pada dapur monoton, misalnya, itu bisa menjadi sesuatu yang justru memberikan nuansa yang baru dan lebih segar.

Lantai dapur di atas terbuat dari keramik standar, keramik glossy, dan ada hiasan yang terbuat dari tembaga. Susunan keramik ini sangat pas diletakkan di bagian tengah dapur.

Namun, apabila dapur Anda sudah mengandung terlalu banyak motif, maka mungkin pemasangan keramik model ini sebaiknya diabaikan saja karena akan membuat dapur terlalu ramai.

Keramik Kupu-Kupu

Keramik Lantai Dapur
http://trendir.com/

Kupu-kupu sejauh ini adalah salah satu hewan yang sering digunakan dalam desain tertentu. Yang jarang, sebenarnya, adalah penggunaan desain kupu-kupu buat keramik dapur.

Namun, bukan berarti ide itu tidak layak coba, lho. Lihatlah desain kupu-kupu di atas. Bukankah ternyata sangat menawan saat diaplikasikan di atas keramik? Bukankah ruangan monoton jadi hidup?

Ide keramik matte ini bagus untuk kamar mandi. Kamar mandi jadi terlihat lebih berseni dan lebih punya tekstur, kesannya. Untuk dapur, tak kalah bagus juga, bahkan membuat dapur jadi beda.

Di dalam setiap ubin, ada beberapa ikon kupu-kupu yang berbeda bentuk serta berbeda ukuran. Hal ini dilakukan supaya desain tidak menjadi monoton dan menyenangkan untuk dilihat.

Warnanya sendiri hitam kehijauan. Dan harus diingat bahwa kalau Anda sudah memilih ubin ini, pastikan bahwa elemen lain seperti wallpaper atau set dapur hadir dengan warna monoton dan bukannya motif lain.

Dengan memasang keramik bermotif kupu-kupu ini, Anda akan diuntungkan dalam hal kebersihan. Selain karena warnanya yang gelap, gambarnya yang ramai juga akan menyamarkan noda atau kerak yang biasa hinggap di keramik dapur.

Hal ini bukan berarti mendukung Anda untuk tidak rutin membersihkan area keramik tersebut, melainkan membantu Anda untuk mendapatkan dapur yang presentable atau layak ‘dipamerkan’.

Kayu L

Keramik Lantai Dapur
http://home-designing.com/

Siapa yang meragukan kualitas dan keelokan lantai yang terbuat dari kayu? Tentu tidak ada, dan termasuk apa yang Anda lihat pada gambar desain flooring pada dapur di atas ini.

Tidak perlu usaha keras, lho, buat menghadirkan lantai kayu ini. Cukup persiapkan lantai-lantai kayu dengan bentuk persegi panjang. Lantai kayu itu sebelumnya tak perlu dicat atau dipernis.

Kemudian, pasang dengan metode huruf L. Cara pemasangan ini memberikan kesan luas pada lantai dan membuat lantai terlihat tidak membosankan, lho, walau tidak hadir dengan warna tertentu.

Absennya cat atau pernis pada inspirasi lantai kayu seperti pada gambar adalah salah satu cara untuk membuat penampilan korosif tradisional – sebuah ide yang masih disukai sampai sekarang.

Jika Anda tertarik untuk menginstal lantai kayu seperti di atas pada dapur Anda, pertimbangkan cara perawatannya pula. Saat terus-menerus berada dalam kondisi lembap, kayu menjadi ‘rumah’ yang sempurna bagi jamur.

Maka, pada area yang berisiko basah tinggi, seperti di bawah bak cuci piring dan kompor, letakkan keset panjang atau karpet kecil untuk melindungi lantai dari cipratan air dan minyak.

Keramik Marmer

Keramik Lantai Dapur
https://id.pinterest.com

Memang harus diakui bahwa marmer putih dibanderol dengan harga yang cukup tinggi di pasaran. Apalagi kalau dibandingkan dengan ubin keramik lain seperti ubin putih standar.

Apa alasannya? Tentu karena marmer punya sifat yang lebih kuat dan tidak mudah retak. Marmer, dengan permukaannya yang berkilau, juga memberikan Anda kesan mewah.

Maka dari itu, tidak heran apabila dapur-dapur mewah selalu memilih marmer sebagai ide buat flooring atau permukaan meja. Termasuk ide yang bisa dilihat pada gambar di atas.

Marmer putih pada contoh keramik lantai dapur menggunakan dua jenis ukuran. Pertama ukuran besar 50×50 cm dan yang kedua 20×20 cm. Keduanya ditata sedemikian rupa.

Lantai pun jadi terlihat beraksen dan tidak membosankan. Ini tentu akan mengubah dapur yang tadinya monoton, menjadi lebih menarik dan tentu saja mempertahankan kemewahan.

Lantai Keramik Gelap

Keramik Lantai Dapur
http://hgtv.com/

Keramik gelap mengapa disukai dan selalu jadi pilihan? Bukankah dalam ilmu desain, ini justru akan membuat ruangan jadi terlihat lebih sempit, ya? Pendapat Anda itu memang tidak salah, sih.

Namun, tidak semua orang mau kesan dapur luas dan tentu saja tidak semua kesan dapur luas itu bagus. Terkadang, kesan dapur luas justru memberikan impresi kosong dan monoton.

Nah, keramik di atas hadir dengan warna cokelat keemasan yang gelap sekali. Apa impresi yang hadir? Berbeda-beda, tentunya juga bergantung pada selera Anda sendiri.

Namun, mayoritas orang tentu setuju kalau desain di atas itu dianggap sebagai sebuah desain yang mewah. Ya, ini bisa menjadi pasangan yang bagus buat set dapur warna gelap seperti hitam glossy atau kayu cokelat.

Lagipula, ada satu, lho, kelebihan dari keramik yang warnanya gelap. Apa itu? Tentu saja keramik jenis ini tidak mudah untuk kotor dan tidak membuat dapur jadi kumuh. Menyenangkan sekali, bukan, jika Anda tak punya waktu terus-terusan buat membersihkan dapur?

Porselen Berkilau

Keramik Lantai Dapur
https://id.pinterest.com

Porselen dapur yang memiliki lapisan atas glossy sangatlah menarik. Pasalnya, kilau di bagian atas tidak pernah absen buat memberikan kesan yang sangat mewah pada setiap ruangan Anda.

Lagipula, lapisan kilau ini membuat dapur jadi tidak mudah kotor. Sudah jadi rahasia umum, bukan, kalau dapur adalah tempat yang mudah untuk kotor? Alasannya beragam.

Mulai dari karena dapur adalah tempat untuk memasak, sampai karena banyaknya bahan makanan yang disimpan di sana. Namun, bukan berarti itu sesuatu yang patut buat dibiarkan.

Bila Anda risau dengan kotoran yang meresap pada ubin dan sulit buat dibersihkan, maka tak ada salahnya, lho, jika keramik glossy ini jadi pilihan buat menghias lantai di dapur.

Anda tak perlu takut bahwa keramik akan mudah rusak. Lagipula, kilau pada bagian atas keramik ini akan mampu menyalurkan dingin yang membuat dapur tak lagi pengap dan panas. Otomatis, suasana hati siapa pun di dapur akan membaik, bukan?

Ubin Keramik Custom Diamond

Keramik Lantai Dapur
https://www.mrright.in/

Ubin di atas menggunakan jenis keramik dengan permukaan glossy metalik. Pada dasarnya, keramik ini adalah keramik berkualitas yang tentu dibanderol dengan harga lebih mahal daripada keramik jenis lain.

Namun, Anda tidak perlu ragu, lho, buat mengkreasikan keramik ini lebih jauh lagi. Seperti apa misalnya? Cobalah untuk memotong setiap sudutnya secara diagonal alias miring.

Kemudian, pasang keramik seperti biasa. Anda bisa melihat bahwa ini akan memberikan sebuah aksen menarik pada ruangan, tak terkecuali pada dapur Anda sendiri, bukan?

Pada akhirnya, potongan-potongan diagonal itu akan menjadi semacam frame berbentuk intan berlian. Nah, Anda bisa memberikan ubin tambahan di dalam frame berlian ini dengan warna berbeda.

Atau, Anda bisa membiarkannya kosong saja. Hanya, ini sedikit berbahaya untuk anak-anak yang suka berlarian tanpa melihat jenis lantai yang mereka pijaki. Tentukan sesuai kebutuhan Anda, ya.

Kayu Cat Acak

Keramik Lantai Dapur
http://trendir.com/

Pernahkah Anda melihat cat warna putih pada suatu bahan yang seolah belum selesai untuk dilakukan? Apa yang Anda pikirkan terkait hal tersebut? Tidak rapi, itu salah satunya.

Memang masyarakat terlalu terbiasa dengan cat yang rapi dan desain yang simetris. Padahal, apa salahnya sedikit berkreasi dan coba untuk bermain-main dengan hal tak biasa layaknya anak-anak?

Lihatlah model lantai kayu di atas. Bukankah terlihat sangat menawan? Padahal, konsepnya serupa dengan kasus yang tadi diceritakam: cat putih yang belum rampung digarap.

Pasang lantai kayu yang tidak dipernis maupun dicat, kemudian cat dengan warna putih sesuka hati Anda seperti contoh yang ada di atas. Biarkan mengering dan kini Anda akan memiliki dapur menawan.

Kombinasikan lantai ini dengan desain kitchen set apa saja, termasuk yang bermotif bahkan yang glossy sekalipun. Ingatlah bahwa warna putih adalah sahabat bagi warna apa saja dan desain apa pun.

Kini Anda sudah memiliki inspirasi berbagai motif lantai dapur yang bisa diwujudkan di rumah Anda. Tentu kini Anda bebas dalam memilih mana flooring yang sesuai dengan Anda.

Namun, ada beberapa hal yang layak untuk diingat sebelum memilih jenis lantai tertentu pada dapur rumah Anda. Nah, apa sajakah hal-hal yang wajib diperhatikan itu?

Pertama adalah sesuaikan dengan tema pada dapur Anda. Jangan sampai tema dapur tidak sesuai dengan elemen lain terutama seperti kitchen set. Sebagus apa pun flooring, akan jelek kalau tidak sesuai.

Kedua, pemasangan yang baik. Pemasangan keramik yang baik akan membuat lantai dapur terlihat lebih rapi dan ini tentu merupakan hal yang wajib supaya Anda tidak menyesal kelak.

Ketiga, kombinasi antarkeramik atau bahan lain juga penting. Apabila Anda menginginkan keramik kombinasi, sesuaikan satu keramik dengan keramik lainnya agar tidak ada desain yang buruk atau janggal.


Nah, itulah berbagai jenis lantai dapur dan cara untuk memasang keramik lantai dapur secara menawan dan membuat dapur menjadi lebih hidup. Yuk, hias dapur sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan lupa ukur berapa bujet yang Anda miliki, ya.

0